May Day di Lamongan Digelar Hening Tanpa Demo, Hanya Halal Bihalal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Mei 2023 17:14 WIB

May Day di Lamongan Digelar Hening Tanpa Demo, Hanya Halal Bihalal

i

Bupati saat berhalal bihalal dengan para pekerja/buruh dalam peringatan May Day di Pendopo setempat. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Peringatan hari buruh internasional yang kerap digelar gemuruh  dengan pengerahan massa, namun hal itu berbeda di Lamongan. Peringatan May Day  digelar dengan hening, dengan menggelar halal bi halal antara pemerintah daerah, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) juga para Serikat Buruh dan Pekerja di Pendopo Lokatantra, Senin (1/5/2023)

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan apresiasi kepada seluruh pekerja dan pengusaha di Lamongan, yang selama ini terus mengedepankan komunikasi, dialog, serta koordinasi, sehingga dapat terjalin situasi yang harmonis dan dinamis antar semua pihak yang bersangkutan.

Baca Juga: Pemkot Mojokerto Gelar Jalan Sehat Diikuti Ribuan Pekerja

"Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya, juga terima kasih kepada seluruh pekerja dan pengusaha yang selama ini terus kita bisa mengedepankan dialog, koordinasi, dan komunikasi, sehingga terjalin situasi yang sangat baik dan sangat dinamis," terangnya.

Disebutkan olehnya, kondisi seperti ini tentu ini menjadi sebuah kontribusi besar bagi Kabupaten Lamongan, dan tentu ini sangat berdampak positif bagi peningkatan investasi, bagi peningkatan suasana yang dinamis, bagi kemajuan dan perkembangan Kabupaten Lamongan.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa pak Yes ini juga menambahkan kalau dirinya sangat optimis Lamongan ini akan menjadi tempat tujuan investasi bagi para pengusaha, karena iklimnya yang kondusif, pekerjanya yang sangat baik, juga UMK(upah minimum kabupaten/kota)nya yang cukup memadai. 

Selain itu juga didukung oleh pertumbuhan perekonomian yang cepat bangkit setelah pandemi, angka kemiskinan yang turun, hingga indeks gini ratio (ketimpangan pendapatan dengan kategori baik (rangking 2 Jatim).

Baca Juga: Buruh Jawa Timur Tolak Pasal Pengamanan Zat Adiktif di RUU Kesehatan

"Ini menunjukkan bahwa pembangunan di Kabupaten Lamongan sungguh sangat inklusif dan dinamis. Untuk itu, kami terus senantiasa mendukung, mendorong, mensupport apa yang menjadi keinginan para pekerja, dengan cara mengedepankan komunikasi dan dialog, sehingga menemukan sebuah hal yang kita sepakati bersama," tambahnya.

Terkait harapan dan aspirasi yang disampaikan Perwakilan Serikat Buruh dan Pekerja Kabupaten Lamongan Iswahyudi, Pak Yes mengatakan hal tersebut sudah dilakukan dan dipersiapkan untuk ditindaklanjuti. Hal tersebut tentu dengan harapan agar kondusifitas para pekerja dan buruh di Kabupaten Lamongan bisa terus dinamis, kondusif, sehingga melahirkan sebuah energi besar bagi pelaksanaan kinerja industrialisasi di Kabupaten Lamongan.

Baca Juga: Buruh Jatim Soroti THR, Buruh Jakarta "Ditinggal" Capres

Dilaporkan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Lamongan Agus Cahyono, May Day yang dikemas dalam kegiatan Halal Bi Halal ini diikuti oleh 250 undangan. "Tujuannya yakni untuk mewujudkan peringatan May Day tahun 2023 yang berjalan tertib, aman, dan kondusif; mengarahkan pekerja atau buruh dalam memperingati May Day 2023 dengan mengutamakan kegiatan yang bersifat bakti sosial; juga untuk membangun hubungan industrial yang harmonis di antara pemerintah, pengusaha, dan pekerja buruh," lapornya.

Sarjono sebagai Perwakilan dari Apindo juga menyampaikan harapannya agar seluruh pengurus Apindo beserta anggotanya dapat terus guyub rukun dengan karyawan untuk tetap menciptakan situasi yang kondusif dan ramah investasi.

Tidak hanya itu, Perwakilan Serikat Buruh Pekerja Lamongan Iswahyudi selain menyampaikan harapan pekerja juga berterimakasih kepada seluruh pihak, baik Bupati Lamongan, Ketua Dinas Ketenagakerjaan Lamongan, juga Apindo yang terus berkoordinasi, memfasilitasi, juga melaksanakan mediasi untuk memberikan rasa aman dan sejahtera pada pekerja. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU