Home / Peristiwa : Peringatan May Day 2023

Pemkot Mojokerto Gelar Jalan Sehat Diikuti Ribuan Pekerja

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Mei 2023 19:20 WIB

Pemkot Mojokerto Gelar Jalan Sehat Diikuti Ribuan Pekerja

i

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari melakukan foto wefie bersama ribuan peserta jalan sehat.

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Memperingati Hari Buruh Internasional tahun 2023 atau May Day, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP NAKER) menggelar jalan sehat, dengan titik start dan finish di GOR Seni Mojopahit Kota Mojokerto, Minggu (21/5) pagi. Ribuan peserta yang mayoritas adalah pekerja di Kota Mojokerto berpartisipasi dalam event tersebut.

Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari juga hadir langsung, mengapresiasi penyelenggaraan perayaan hari besar yang diperingati setiap 1 Mei itu. Karena selain unsur pemerintah dan pekerja, terdapat unsur dari pengusaha yang juga terlibat di dalamnya acara yang mengusung tema "Merajut Kebersamaan, Silaturahmi Menuju Industrial Damai (Industrial Peace)" ini.

Baca Juga: Hendak Study Tour, Dishub Kota Mojokerto Siap Bantu Cek Bus Sebelum Keberangkatan

"Kebersamaan seperti ini, menjadi jalan bagi kita untuk menguatkan satu sama lain. Harus ada keikhlasan pihak-pihak yang bekerja sama di dalamnya. Karena kita semua ingin menjaga Kota Mojokerto sebagai kota yang harmonis, damai, bagi siapa saja." ungkap wali kota.

Lebih lanjut, wali kota menjelaskan, jika ketiga unsur yang tergabung dalam Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit di Kota Mojokerto masing-masing berperan dengan baik, dan berada di posisi yang setara. Sehingga mampu menciptakan hubungan industrial yang harmonis (industrial peace), menjadikan Kota Mojokerto nyaris tanpa konflik.

"Sebab semua bisa dibicarakan, semua bisa diselesaikan dengan duduk bersama dan bersilaturahmi seperti ini," ujar sosok yang akrab disapa NIng Ita ini.

Baca Juga: SPBE Terus Meningkat, Kota Mojokerto Jadi Rujukan Study Tiru Kota Blitar

Di dalam LKS Tripartit, pemerintah hadir fasilitator dan regulator. Melalui peran tersebut, diantaranya, pemerintah ingin seluruh stakeholder, baik dari pengusaha maupun pekerja bisa guyub dan rukun. Berikutnya, pemkot berharap dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja, yang dinilai juga berperan meningkatkan perekonomian di Kota Mojokerto.

"Pekerja adalah bagian dari Kota Mojokerto yang akan terus kita upayakan untuk mendapatkan peningkatan kesejahteraan di dalam hidupnya," tegas Ning ita.

Baca Juga: Tim Verifikasi Nasional Kunjungi Kampung KB Kanjeng Djimat Kota Mojokerto

Upaya tersebut salah satunya terwujud dengan adanya regulasi yang mengatur pengalokasian anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kota Mojokerto yang diantaranya dikhususkan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan pekerja pabrik rokok warga Kota Mojokerto.

Sebagai informasi, selain wali kota, acara juga dihadiri oleh kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur, Forkopimda, sekretaris daerah, kepala BNN, sejumlah kepala OPD di lingkup Pemkot Mojokerto. Berikutnya, acara juga berlangsung dengan meriah. Tidak hanya jalan santai, pada acara pagi tadi juga terdapat panggung hiburan, pengundian doorprize, serta pertunjukan barongsai. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU