Belum 4 Tahun, Gedung di Jakarta yang Didanai Rp 4,5 Triliun, akan Dibongkar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 04 Jul 2023 19:53 WIB

Belum 4 Tahun, Gedung di Jakarta yang Didanai Rp 4,5 Triliun, akan Dibongkar

i

Mulai Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua PSSI Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo meninjau Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Usulkan Anggaran Renovasi Rp 5 Triliun

 

Baca Juga: Program 3 Juta Rumah Gratis Dianggarkan Rp 144 Juta per Unit, Menteri PUPR: Belum Dibahas

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS), menurut menteri Jokowi, tidak masuk standar FIFA.

"Ini kalau dengan kondisi sekarang," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai meninjau JIS, Selasa (4/7/2023).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyoroti sejumlah sarana yang ada di dalam Jakarta International Stadium (JIS). Basuki mengatakan akses masuk stadion akan dibongkar atau dilebarkan karena tak sesuai dengan standar FIFA.

Bukan cuma itu, Basuki juga mengatakan rumput di Jakarta International Stadium (JIS) tidak memenuhi standar FIFA. Basuki mengatakan rumput JIS akan diganti untuk pergelaran Piala Dunia U-17. Basuki mengatakan, berdasarkan ahlinya, rumput JIS akan diganti semua.

"Kondisi rumput sekarang menurut evaluasi ahlinya yang juga mengevaluasi 22 (stadion), termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games, jelas tidak masuk standar FIFA,"kata Basuki .

JIS akan direnovasi dengan anggaran sebesar Rp5 Triliun. Ini menjadi polemik.

 

Diklaim Keberhasilan Anies

Projek JIS diklaim keberhasilan Anies Baswedan, saat menjadi Gubernur DKI.

Makanya anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI-P Gilbert Simanjuntak meminta Anies tidak mengklaim proyek Jakarta International Stadium (JIS) sebagai keberhasilannya.

Ia mengingatkan, mayoritas anggaran proyek pembangunan Jakarta itu berasal dari bantuan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diberikan Presiden Joko Widodo.

Gilbert mengungkapkan bahwa pembangunan JIS nyaris mangkrak imbas pandemi Covid-19 yang melanda 2020 lalu.

"Akhirnya pusat turun memberikan bantuan lewat dana PEN sebesar Rp3,6 triliun pada tahun 2020 dan 2021 dari anggaran JIS Rp4,5 triliun,"

 

Baca Juga: PUPR Bangun Bendungan Pertama di Sulbar, Dukung Program Ketahanan Pangan dan Air

Dari Dana Pinjaman

Ia tegaskan, pembangunan JIS sendiri menggunakan dana pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang merupakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari pemerintah pusat.Aug

Dijaman Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pembangunan JIS sudah selesai. JIS dibangun tahun 2019 menelan dana Rp4,5 Triliun.

JIS sendiri dicanangkan pembangunannya sejak zaman Gubernur Fauzi Bowo. Proyek kemudian maju mundur di era Gubernur Joko Widodo dan Gubernur Basuki T Purnama.

 

Erick Undang FIFA

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir masih menunggu kunjungan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) sebelum merenovasi Stadion Jakarta International Stadium (JIS). Erick menuturkan, FIFA bakal mengecek kelaikan stadion-stadion yang diusulkan menjadi venue Piala Dunia U-17 2023, termasuk JIS. "Ya nomor satu, kan nanti FIFA-nya datang ngecek stadion mana yang memang sesuai standarnya," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/7/2023).

Erick menjelaskan, lewat kunjungan tersebut, FIFA akan memutuskan lapangan mana saja yang sudah sesuai standar dan layak menjadi venue Piala Dunia U-17 2023. Bekas bos klub Inter Milan itu menyebutkan, PSSI juga akan mengecek kelaikan JIS sebelum FIFA datang. "Kita tunggu FIFA datang, baru FIFA memutuskan di lapangan mana yang sesuai.

Baca Juga: Jokowi di Manado, Pesan Chicken Nugget

Sebelum FIFA datang, kita ngecek lapangan," kata Erick.

 

JIS Proyek Yang Nyusahin

Kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus loyalis Jokowi, Dedek 'Uki' Prayudi mengatakan bahwa proyek Jakarta International Stadium (JIS) yang dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Anies Baswedan adalah proyek yang nyusahin.

Ia menuturkan saat FIFA memutuskan Piala Dunia U-17 bakal digelar di Indonesia, pemerintah RI langsung berbenah.

“Kini yang menjadi perdebatan seru adalah soal Stadion JIS yang dibangun zaman pemerintahan Anies Baswedan,” kata Uki melansir dari Cokro TV, Minggu (2/7/2023).

Ia mnegutip pernyataan Menpora RI, Dito Ario Tejo, stadion JIS yang digadang-gadang oleh Anies bukan Stadion biasa tidak layak menjadi tempat pertarungan piala dunia U-17.n jk/erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU