Kunjungi Surabaya, Sandiaga Uno Bantu Pasarkan Produk UMKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 16 Jul 2023 13:50 WIB

Kunjungi Surabaya, Sandiaga Uno Bantu Pasarkan Produk UMKM

i

Menparekraf Sandiaga Uno bersama pedagang UMKM di Taman Bungkul Surabaya, Sabtu (15/7/2023). Foto: Kemenparekraf.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Kota Surabaya pada Sabtu (15/7/2023) untuk sejumlah agenda.

Hadir di Taman Bungkul pagi hari, Sandiaga melakukan beberapa aktivitas seperti joging bersama komunitas lari di Surabaya, senam bersama ibu-ibu, hingga menyapa para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Taman Bungkul.

Baca Juga: Masjid Istiqlal Masuk Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia, Selain Beribadah Juga Bisa Belanja

Dalam kesempatan itu, Sandi mengatakan bahwa keberpihakan terhadap UMKM menjadi peluang untuk membangkitkan ekonomi. Berbagai produk UMKM seperti makanan, minuman, fashion, hingga kerajinan di Surabaya memiliki kualitas baik terbukti dengan banyaknya masyarakat yang antusias untuk membeli.

"Pagi ini kita melihat antusiasme dari masyarakat untuk olahraga, senam, kemudian mendukung teman-teman UMKM," kata Sandiaga, Sabtu (15/7/2023).

Menurutnya, UMKM memiliki potensi lebih luas untuk berkembang. Pihaknya pun berjanji untuk membantu pemasaran para UMKM tersebut.

“Ternyata produk-produknya bisa kita bantu untuk dipasarkan untuk peningkatan omzet mereka. Sehingga mereka bisa memperluas peluang usaha untuk menciptakan lapangan kerja, targetnya adalah 4,4 juta lapangan kerja baru 2024," ujarnya.

Guna mencapai target tersebut, menurutnya, harus disinergikan dengan program-program pemerintah lainnya. Sandi mendorong pemerintah untuk mempermudah upaya UMKM. Seperti soal perizinan agar pengurusannya dipercepat.

Baca Juga: Elite PPP, Cenderung Terpecah

"Tadi masukan, jangan hanya pemasaran dan pembiayaan, tapi juga perizinannya dipermudah, sertifikasi halal juga dipercepat dan menjadi masukan bagi kita untuk memberikan layanan dan kepedulian terhadap UMKM," jelasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kembali untuk para UMKM agar memperhatikan packaging. Pasalnya, kemasan dinilai penting untuk meningkatkan penjualan. Menurutnya, sebagus apa pun produk, tetapi bila kemasan tidak menarik akan sulit dipasarkan.

"Karena produknya bagus, produknya enak, kulinernya lezat, kalau packaging kurang prima, maka kurang untuk memasarkannya. Apalagi kalau ingin menembus pasar luar negeri," ungkapnya.

Baca Juga: PPP Anggap Pilpres Sudah Game Over

Sandi juga mengingatkan kepada masyarakat untuk peduli dengan UMKM. Ia menilai, keberpihakan masyarakat terhadap produk-produk UMKM akan mendorong mereka untuk terus berkembang.

Pihaknya pun mengajak masyarakat mau untuk mempromosikan produk UMKM, terutama bagi mereka yang memiliki kekuatan di sosial media seperti selebgram. Hal itu agar masyarakat luas lebih mengenal produk lokal.

"Kita harus ada di tengah-tengah masyarakat, kita percepat peningkatan skala usaha mereka, agar mereka bisa bersaing dengan usaha-usaha yang lebih dulu dan lebih besar. Mari kita ciptakan situasi yang kondusif, agar para UMKM bisa naik kelas," tutupnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU