Gaji Setahun Rp 12,1 Miliar, Seorang Menteri di Singapura Masih Korupsi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 16 Jul 2023 20:42 WIB

Gaji Setahun Rp 12,1 Miliar, Seorang Menteri di Singapura Masih Korupsi

i

Menteri Transportasi Singapura, S. Iswaran

SURABAYAPAGI.COM, Singapura - Keterlaluan! Menteri Transportasi Singapura, S. Iswaran, tiba-tiba ikut diselidiki oleh Biro Investigasi Praktik Korupsi (Corrupt Practices Investigation Bureau/CPIB). Iswaran, diduga melakukan tindak pidana korupsi.

Dikutip dari situs Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura, Minggu (16/7/2023), menteri Singapura yang ditangkap atas dugaan korupsi, S Iswaran awalnya bergabung dengan Singapore Administrative Service pada tahun 1987. Iswaran lalu ditugaskan di Kementerian Dalam Negeri dan Pendidikan, diperbantukan di National Trade Union Congress. Kemudian ditugaskan di Singapore Indian Development Association sebagai Chief Executive Officer pertama.

Baca Juga: KPK tak Gentar Bupati Sidoarjo, Ajukan Praperadilan

Kemudian pada tahun 1996, Iswaran merupakan Direktur Perdagangan Internasional di Kementerian Perdagangan dan Industri menjelang Singapura menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri WTO pada tahun 1996. Selanjutnya Iswaran sempat bergabung ke sektor swasta.

 

Sebelum Duduk di Kabinet

Iswaran telah terpilih sebagai anggota parlemen dalam 6 Pemilu sejak 2 Januari 1997. Sebelum diangkat ke Kabinet pada tahun 2006, Iswaran menjabat di beberapa Komite Parlemen Pemerintah dan sebagai Wakil Ketua Parlemen dari September 2004 hingga Juni 2006.

Saat ini, Iswaran menjabat sebagai Menteri Perhubungan. Iswaran bertanggung jawab menangani transportasi darat, udara, dan laut. Adapun fokus utamanya meliputi pembangunan kembali pusat udara Singapura dan pembukaan kembali perjalanan udara yang aman di tengah pandemi COVID-19, memperkuat pusat maritim Singapura, dan membangun sistem transportasi darat yang andal, berkelanjutan, dan inklusif.

Iswaran, alumni Universitas terkemuka Universitas Adelaide dan memiliki gelar Master di bidang Administrasi Publik dari Universitas Harvard.

 

Gajinya Besar Cegah Korupsi

Dikutip dari CNN, Sabtu (15/7/2023) pejabat di Singapura umumnya mendapatkan gaji besar. Ini untuk mencegah korupsi. Gaji rata-rata para menteri sekitar 1,1 juta dolar Singapura per tahun atau sekitar Rp 12,1 miliar (kurs Rp 11.000).

Menurut data Public Service Division (PSD) yang dikutip dari Channel News Asia, pada tahun 2023 tingkat patokan gaji per bulan menteri di Singapura mencapai 55.000 dolar Singapura atau Rp 605 juta.

 

Gajinya Tertinggi di Dunia

Singapura membayar para menterinya dengan gaji tertinggi di dunia. Negara kota di Asia Tenggara itu saat ini berada di urutan kelima dalam Indeks Persepsi Korupsi terbaru dari Transparency International.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong telah meminta Iswaran yang diduga memiliki keterkaitan dengan kasus korupsi untuk cuti setelah pejabat bawahannya terlibat dalam penyelidikan lembaga antikorupsi.

 

Arti Status "Cuti"

Di Singapura, status "cuti" untuk pejabat menunjukkan bahwa ada bukti awal yang dapat dipercaya bahwa hukum mungkin telah dilanggar.

"Saya telah menginstruksikan Menteri Iswaran untuk mengambil cuti sampai penyelidikan ini selesai," kata Lee dilansir CNBC.

Baca Juga: Bupati Sidoarjo, Ingin Tempuh Banyak Cara

Profesor Hukum Singapore Management University Eugene Tan mengatakan, cuti ini untuk menghindari investigasi yang dikompromikan jika Mr Iswaran terus menjalankan kekuasaan dan tugasnya.

"Posisi politiknya akan diputuskan secara serius. Partai yang berkuasa harus menentukan apakah akan menurunkannya, bahkan jika dia dibebaskan oleh CPIB dan AGC (Kejaksaan Agung)," tambahnya

Menteri Senior Negara Bagian Chee Hong Tat akan menjadi penjabat Menteri Transportasi Iswaran juga mengawasi hubungan perdagangan Singapura.

 

Pemegang Saham Grand Prix

Ong merupakan Managing Director Hotel Properties Limited telah diminta oleh CPIB memberikan informasi tentang interaksinya dengan Menteri Transportasi Singapura S. Iswaran.

"Pimpinan kami bekerja sama sepenuhnya dengan CPIB dan telah memberikan informasi yang diminta," tulis keterangan perusahaan.

Perusahaan Ong memiliki Hotel Four Seasons di Maladewa dan Malaysia, di antara properti mewah lainnya di Singapura, London, dan Bangkok. Ong juga satu-satunya pemegang saham Grand Prix Singapura.

"Menteri Senior Negara Bagian, Chee Hong Tat akan menjadi pejabat Menteri Transportasi," kata Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong,dikutip CNBC International, Kamis, (13/7/2023).

 

Baca Juga: Gus Muhdlor, Seolah Sosok Antikorupsi

Sewa-Menyewa Bungalow

Pengumuman itu muncul beberapa minggu setelah tinjauan negara atas tuduhan korupsi yang dibuat terhadap dua menteri kabinet, yakni lainnya Menteri Hukum dan Dalam Negeri K.Shanmugam dan Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan. Dugaan skandal korupsi ini iterkait sewa-menyewa bungalow kolonial milik pemerintah.

Ini bermula ketika CPIB meluncurkan penyelidikan atas sebuah kasus yang tidak disebutkan rinciannya, 11 Juli lalu. CPIB perlu mewawancarai S.Israwan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut.

"CPIB mengakui kepentingan anggota masyarakat dalam kasus ini karena seorang menteri sedang diwawancarai," kata lembaga antikorupsi itu dalam sebuah pernyataan dimuat TIME melansir Bloomberg.

"CPIB akan mengusut kasus ini secara tuntas dengan tekad kuat untuk menegakkan fakta dan kebenaran, serta menegakkan supremasi hukum," tambah Tan, dikutip dari Channel News Asia (CNA).

 

Ditangkap Biro Investigasi Korupsi

Menteri Perhubungan Singapura S. Iswaran ditangkap Biro Investigasi Praktik Korupsi. Iswaran ditangkap pada Selasa (11/7). "Kemudian dibebaskan dengan jaminan," kata Biro Investigasi Praktik Korupsi (CPIB) dalam pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (15/7/2023).

Kasus korupsi ini menggemparkan Singapura dan merupakan kasus korupsi pemerintah Singapura yang pertama kali setelah hampir 4 dekade. n rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU