Atta dan Aurel Ajari Anaknya Berhijab, MUI Bilang tak Wajib

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 22 Agu 2023 20:48 WIB

Atta dan Aurel Ajari Anaknya Berhijab, MUI Bilang tak Wajib

i

Atta Halilintar, Aurel Hermansyah dan putri pertamanya Ameena Hanna Nur Atta.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Anak pertama Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Ameena Hanna Nur Atta (1,5 tahun) didandani hijab. Penampilan ini mencuri perhatian dan menjadi sorotan netizen.

Atta Halilintar mengaku sengaja memakaikan putrinya hijab dengan harapan kelak menjadi suatu kebiasaan saat Ameena besar nanti.

Baca Juga: Perlihatkan Rumah Mewah Baru, Atta Halilintar Dikritik Kamar ART Bak Penjara

"Nggak mau maksa anak pakai hijab atau apa, biar kemauan dari dia sendiri. Cuma sebagai orang tua mengarahkan ke hal yang baik," kata Atta Halilintar saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (21/8/2023) malam.

 

Usia Baligh

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Miftahul Huda, di Medsos mengatakan bahwa secara umum pembebanan kewajiban atau larangan (taklif) batasannya adalah usia baligh. Anak usia 1,5 tahun tak wajib.

Baligh tersebut ditandai dengan di antaranya, mimpi basah (ihtilam), keluar darah haid bagi perempuan, atau menginjak usia 15 tahun.

Baca Juga: Atta Halilintar Bocorkan Inisial Sang Anak Kedua: 'Nama Itu Kan Doa'

Dengan demikian, anak-anak yang belum memasuki usia baligh, maka tidak ada dosa baginya jika belum melaksanakan kewajiban ibadah kepada Allah SWT. Namun dalam rangka pendidikan agama kepada anak-anak, Rasulullah SAW bersabda agar mengajak anak-anak untuk melaksanakan sholat saat usia 7 tahun, dan agar memukul mereka saat umur 10 tahun apabila mereka tidak melakukan sholat. Selain itu, pada usia 10 tahun. Dan sebaiknya memisahkan tempat tidur mereka.

 

Belum Betah Pakai Lama

Putra sulung Gen Halilintar itu senang melihat putrinya berhijab, meskipun Ameena belum bisa betah mengenakanna dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Congrat! Aurel Hermansyah Melahirkan Anak ke-2 di Tanggal Cantik, Berjenis Kelamin Perempuan

"Ameena pakai hijab lucu, walaupun dia masih belum bisa lama (pakainya)" tutur Atta.

Aurel Hermansyah memang sengaja memakaikan hijab untuk Ameena dalam berbagai kesempatan. Salah satunya, bisa dilihat dalam unggahan video Atta dan Aurel di Instagram.

Di sana terlihat Ameena mengenakan hijab pink. Sedang pakaiannya, Ameena mengenakan setelan bernuansa hitam-pink dengan motif bunga. Sambil bercanda Atta Halilintar menyebut anaknya dengan sebutan Bu Hajjah. n dna/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU