Perusahaan dan Investor di Lamongan Sebut Rajungan Bahan Baku Utama Ekspor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 27 Agu 2023 13:08 WIB

Perusahaan dan Investor di Lamongan Sebut Rajungan Bahan Baku Utama Ekspor

i

Bupati Yes saat menikmati olahan rajungan dalam festival Gandrung rajungan di Kemantren Paciran Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Beberapa perusahaan dan investor di Lamongan menyebutkan kalau bahan baku utama kegiatan ekspor adalah rajungan. Untuk membumikan kuliner rajungan digelar festival gandrung rajungan, Sabtu (26/08/2023) di GOR Kemantren Kecamatan Paciran Lamongan.

"Rajungan sudah dilirik para investor untuk dijadikan bahan baku ekspor. Terhitung ada 6 perusahaan di pantura, yang menggunakan bahan baku rajungan ini untuk keperluan ekspor ke beberapa negara," kata Yuhronur Efendi bupati Lamongan dalam sambutanya.

Baca Juga: Toko Nelayan di Lamongan Terbakar

Ke enam perusahaan tersebut diantaranya adalah yang berada di Kecamatan Deket yakni PT Bumi Menara Internusa (BMI) dan yang baru launching kemarin di wilayah Mantup ialah PT Sumber Kemenangan Sejahtera Abadi (SKSA).

Disebutkan kolaborasi bersama investor merupakan salah satu bentuk mengembangkan potensi sari laut yang dimiliki Lamongan, terlebih Lamongan menjadi Kabupaten penghasil ikan tangkap terbesar nomor 2 di Jawa Timur . Karena dengan demikian dipastikan akan membantu kenaikan nilai tambah nelayan dan kemudahan dalam hal distribusinya.

Baca Juga: Seleksi Penerimaan Calon Paskibraka 2024 Lamongan Dimulai

Menurut data dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan potensi tangkapan rajungan Lamongan sebesar 1.700 ton/tahun. Untuk harga saat ini mencapai 100.000/kg. Sebagai salah satu jenis tangkapan alam, rajungan Lamongan 90% pemasarannya secara ekspor dalam bentuk daging ke Negara Amerika Serikat, Eropa, Prancis, dan lainnya. 

Selain itu, upaya mengenalkan potensi rajungan Lamongan juga terus dilakukan dengan cara literasi kuliner. Salah satunya dengan menggelar kegiatan festival gandrung rajungan setiap tahunnya.

Baca Juga: Bupati Meminta Pramuka di Lamongan Harus Visioner 

"Kegiatan hari ini merupakan salah satu upaya kita untuk mendelegasikan potensi sari laut Lamongan yang megilan. Adanya festival ini diharapkan mampu mengundang masyarakat untuk datang ke Paciran dan tentu memburu rajungannya," terang Pak Yes, Sabtu (26/08/2023).

Dibuka untuk umum, festival gandrung rajungan menyediakan 454 rajungan secara gratis melakui kupon yang telah dibagikan sebelumnya oleh panitia. Untuk memeriahkan acara juga dilangsungkan kegiatan pawai rajungan carnival oleh Korwil Bidang Pendidikan wilayah Paciran, kreasi masak sambal rajungan, dan lomba rajungan terbesar. jir/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU