AHY, Mendadak Omong Pertanian

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 24 Okt 2023 20:42 WIB

AHY, Mendadak Omong Pertanian

i

Agus Harimurti Yudhoyono sedang melakukan kegiatan kunjungan di kebun apel yang berada di Kebun Puri Agung, Batu. Dalam unggahannya, AHY melihat sektor pertanian yang diprioritaskan untuk dibangkitkan.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba-tiba omong persoalan pertanian di akun media sosialnya, Senin (23/10/2023) kemarin. Omongannya ini diunggah di akun Instagram pribadinya @agusyudhoyono.

Unggahan itu pun dinilai bertalian dengan wacana perombakan (reshuffle) kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin yang tengah menguat lagi pekan ini.

Baca Juga: Mentan Optimis, Pulau Madura Sumber Kekuatan Swasembada Pangan

"Jangan lupa untuk selalu konsumsi produk pertanian lokal kita, salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur, yaitu apel malang," demikian tulis AHY pada akun Intagramnya yang dilihat Surabaya Pagi, Selasa (24/10/2023) siang.

"Pertanian kita adalah salah satu sektor yang perlu kita bangun dan dorong untuk bangkit dan maju," imbuhnya.

AHY juga menyebut partainya--Demokrat--akan terus mendorong terjaminnya ketersediaan pupuk, hadirnya inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia di bidang pertanian.

Padahal selama ini AHY tak pernah bicara pertanian. Saat masih gabung dengan Anies Baswedan, ia galak soroti infrastruktur yang dibangun Jokowi.

"Agar kita semakin mandiri dan produktif utamanya dalam menyediakan ketersediaan pangan," kata putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

 

Isyarat Jokowi

Selasa (24/10/2023) kemarin, Presiden Jokowi membuka isyarat bakal ada reshuffle pekan ini. Salah satu pos menteri akan diisi adalah Menteri Pertanian. Jokowi menyebut Menteri Pertanian akan diisi oleh sosok baru. Siapa? Kasak kusuknya AHY.

Maklum, saat ini pejabat definitif Menteri Pertanian itu kosong setelah politikus NasDem Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengundurkan diri. Belakangan, SYL kemudian ditetapkan sebagai tersangka dugaan tipikor di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) oleh KPK.

"Mungkin (reshuffle) minggu ini. (Kemarin, red) Baru disiapkan," kata Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan soal reshuffle, disela-sela membuka BNI Investor Daily Summit di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga: Tekan Kebijakan Impor: Mentan Siapkan Bantuan Benih, Pupuk hingga Alsintan ke Para Petani

 

Isu Demokrat Masuk Kabinet

Jokowi kemudian ditanya lagi soal pos menteri yang bakal berganti. Jokowi mengatakan kursi Mentan akan diganti menyusul Syahrul Yasin Limpo terjerat kasus di KPK.

Saat ditanya pos menteri apa saja yang akan direshuffle. Jokowi menyebut menteri pertanian. "Menteri pertanian," kata Jokowi.

Namun, Jokowi tidak menyebut sosok yang bakal mengisi pos Menteri Pertanian. Wartawan lantas bertanya soal isu Partai Demokrat masuk kabinet. Jokowi hanya mengangguk tanda positif.

 

Baca Juga: AHY, Omong Pertanian Jelang Reshuffle Menteri Pertanian

Demokrat Prioritas di Pertanian

Terpisah, Kepala Bamkostra DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra buka suara soal peluang Demokrat masuk kabinet Jokowi. Herzaky mengatakan reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

Herzaky mendukung keputusan Jokowi memberi kepercayaan bagi siapa pun dengan melakukan reshuffle. Dia ingin Jokowi menuntaskan sisa akhir masa jabatannya dengan baik seperti era Presiden RI ke-6 SBY dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Dia kemudian bicara sikap Partai Demokrat jika masuk kabinet Indonesia Maju. Herzaky mengatakan pertanian akan menjadi salah satu program prioritas Demokrat.

"Jadi Demokrat kalau misalnya kami dipercaya misalnya ke depannya di pemerintahan, tentu prioritas kami pertanian salah satunya, bagaimana penyediaan pupuk murah, bagaimana misalnya katakanlah dalam konteks kualitas produk-produk pertanian kita itu juga makin bagus gitu," ujarnya. n erc/jk/cr2/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU