Peringati Hari Pahlawan, Siswa-siswi di SMPN 1 Jabon Kenakan Pakaian Adat Nusantara

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 10 Nov 2023 10:26 WIB

Peringati Hari Pahlawan, Siswa-siswi di SMPN 1 Jabon Kenakan Pakaian Adat Nusantara

i

Pembina Upacara hari Pahlawan di SMPN 1 Jabon Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Dr.Tirto Adi M.Pd. SP/ Hikmah

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Dr. Tirto Adi, M.Pd menjadi Pembina Upacara Hari Pahlawan 10 Nopember tahun 2023 di SMPN 1 Jabon Kabupaten Sidoarjo.                

Kepala SMPN 1 Jabon Matnur S.Pd, M.M didampingi seluruh guru, staf, pegawai dan seluruh Siswa Siswi SMPN 1 Jabon dengan penuh khidmat mengikuti upacara peringatan hari Pahlawan pada Jumat (10/11/2023) depan halaman SMPN 1 Jabon.

Baca Juga: Wujudkan Transparansi Publik, Pemdes Pilang Pasang Baliho APBDes

Dengan semangat hari Pahlawan 10 Nopember tahun 2023 maka seluruh  peserta baik guru guru, Siswa Siswi SMPN 1 Jabon  memperingatinya dengan memakai pakaian adat Nusantara sampai memakai seragam ala perjuangan tempo dulu. 

Upacara hari Pahlawan tahun ini bagi Siswa Siswi SMPN 1 Jabon semakin bersemangat dan spesial, pasalnya pembina upacara hari Pahlawan adalah Kepala  Dinas Pendidikan Sidoarjo Dr. Tirto Adi, M.Pd.

Dalam sambutannya Dr.Tirto Adi, M.Pd, menguraikan bahwa upacara hari Pahlawan ini untuk mengenang perjuangan para pemimpin, para tokoh serta rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya, sekalipun pada saat itu kita mendapat ancaman dari sekutu agar menyerah pada Sekutu, namun para Ulama, para Kyai, para Tokoh, rakyat bersatu untuk tidak bergeming dengan ancaman Sekutu tersebut, justru ancaman tersebut menimbulkan korban dari pihak Sekutu yaitu tewasnya pemimpin Sekutu yaitu Jenderal Mallaby.

Sehingga mental dan moral dari para Tokoh, Kyai Hasyim Ashari, Bung Tomo dengan pekik Allahu Akbar nya semakin menggelora dengan tewasnya Jenderal Mallaby, akhirnya kita menang melawan Sekutu, sehingga tanggal 10 November ditetapkan oleh Pemerintah sebagai hari Pahlawan karena begitu heroiknya perlawanan rakyat Surabaya kala itu.

Baca Juga: Banyak Kepala Sekolah Dijabat Plt, Tidak Efektif

“Hari ini perjuangan kita bukan lagi melawan penjajah, tapi perjuangan kita adalah melawan kemiskinan dan kebodohan. Dalam kontek pendidikan anak anak khususnya harus tetap semangat berjuang mengambil nilai perjuangan untuk mewujudkan cita cita yang telah dicanangkan, ungkap Dr.Tirto, Jumat (10/11/2023).

Selanjutnya Dr.Tirto melanjutkan bahwa hikmah dari para Siswa menggunakan bermacam pakaian pada hari pahlawan kali ini adalah memiliki makna secara simbolis, mudah mudahan aneka macam pakaian itu bisa menginspirasi, bisa menambah semangat untuk mewujudkan cita cita Siswa sekalian, kesadaran bersejarah tetap kita kobarkan dengan tiga pesan.                                             

“Pertama teruslah berjuang membekali diri dengan ilmu, ilmu bisa diperoleh lewat proses belajar, kedua ilmu harus membawa keberkahan, harus diamalkan karena ilmu tanpa diamalkan bagaikan pohon tak berbuah, ketiga ilmu bisa bermanfaat bila kita taat pada orang yang memberi ilmu, jangan pernah berani dan jangan pernah melukai para guru dan kedua orang tua,” pungkasnya. 

Baca Juga: SMPN 2 Buduran Komitmen Sebagai Sekolah Ramah Anak

Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo juga mengapresiasi kepada pasukan pengibar bendera, paduan suara serta peserta upacara hari Pahlawan yang luar biasa. Kepala SMPN 1 Jabon Matnur S.Pd.MM menyampaikan terima kasih atas kehadiran Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Dr.Tirto Adi M.Pd.

“Semoga dengan kehadirannya membawa siswa siswi SMPN 1 Jabon tetap semangat dalam berjuang membentuk karakter, mental, jiwa nasionalisme dari sejarah lahirnya hari Pahlawan supaya tetap giat belajar dengan sungguh sungguh agar bisa berprestasi lebih baik lagi,” ungkapnya. Hik/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU