Pemkot Pasuruan akan Perbaiki Semua Trotoar yang Rusak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 20 Nov 2023 17:16 WIB

Pemkot Pasuruan akan Perbaiki Semua Trotoar yang Rusak

i

Seorang warga melintas di pedestrian di Jalan Pahlawan Kota Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Pedestrian yang ramah bagi pejalan kaki masih menjadi ‘pekerjaan rumah’ yang mesti disediakan Pemkot Pasuruan. Sejauh ini, hampir separuh dari seluruh trotoar kondisinya rusak.

Perbaikan pedestrian bahkan hampir menjadi agenda tahunan yang anggarannya selalu melekat dalam APBD Kota Pasuruan. Demikian juga dalam APBD tahun ini. Pemkot Pasuruan mengalokasikan Rp 2,63 miliar untuk membenahi sebagian trotoar. Seperti di Jalan Hang Tuah, Jalan Pahlawan, dan Jalan Veteran.

Baca Juga: Anggaran RTLH Kota Pasuruan akan Segera Turun

Pemkot juga memanfaatkan dana alokasi khusus sebesar Rp 2,2 miliar untuk memperbaiki trotoar dan drainase di sepanjang Jalan Wahidin. Kendati demikian, upaya ini belum banyak menambah persentase kondisi trotoar yang kondisinya baik.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pasuruan Gustap Purwoko mengatakan, untuk memastikan seluruh trotoar tetap layak, perlu waktu. Pihaknya sudah memetakan kawasan yang perlu perbaikan. “Data terakhir menunjukkan trotoar yang kondisinya rusak di posisi 40 persen,” katanya.

Baca Juga: Pemerintah Kota Pasuruan Raih Predikat Opini WTP dari BPK

Proyek perbaikan empat titik trotoar yang direalisasikan tahun ini tetap bisa memengaruhi besaran persentase tersebut. Gustap menyebut, persentase trotoar yang rusak bisa berkurang. Meski tidak signifikan. “Perhitungan teknis kami, akhir tahun ini ada peningkatan setelah dilakukan perbaikan di empat lokasi tersebut,” katanya.

Namun, persentase peningkatannya hanya bisa naik satu digit, sehingga kondisi trotoar yang dalam kategori baik masih sekitar 62 persen. Meski begitu, Gustap memastikan, perbaikan trotoar akan terus dilakukan.

Baca Juga: 2025, Pemkot Pasuruan akan Bangun Rest Area Bernuansa Arafah

“Selama ini memang masih difokuskan yang kerusakannya sudah parah juga di lokasi yang menunjang kawasan wisata,” pungkasnya. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU