Pemkab Pasuruan Berharap Guru Harus Memiliki Jiwa Pendidik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 04 Des 2023 17:03 WIB

Pemkab Pasuruan Berharap Guru Harus Memiliki Jiwa Pendidik

i

Pj Bupati Pasuruan Adriyanto Saat Pembinaan Insan Pendidikan

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Banyak cara yang dapat dilakukan oleh insan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di setiap instansi sekolah. Kuncinya, kata Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan, Andriyanto terletak pada masing-masing tenaga pengajar.

Disampaikan dalam agenda Pembinaan Insan Pendidikan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan Senin (4/12/2023), seorang guru berkewajiban menggali segala potensi yang dimiliki untuk kemudian ditransfer menjadi energi profesional sebagai tenaga pendidik. Tidak hanya bertugas merencanakan serta melaksanakan proses pembelajaran saja. Tetapi sekaligus menilai dampak pembelajaran, melakukan pembimbingan serta melakukan pembinaan.      

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Pasuruan Perbaiki Jalan yang Rusak

"Mengajar adalah seni. Tidak sekedar memberikan teori. Maka untuk menciptakan suasana pembelajaran di kelas yang menyenangkan, seorang guru itu harus memiliki passion sebagai tenaga pendidik. Itu yang kemudian dimasukkan dalam metode pengajaran kepada anak didiknya," pintanya dalam acara yang digelar di Ruang Rapat Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan tersebut. 

Ditambahkan Pj. Bupati Andriyanto, mengacu kepada peran dan kiprah yang diembannya, tenaga pendidik berkewajiban menghasilkan suasana pendidikan yang menyenangkan bagi siswa didiknya. Tentu saja juga harus dialogis, kreatif, bergerak maju dan memberikan makna. Dengan demikian, sudah sepatutnya seorang guru berkomitmen secara profesional untuk memaksimalkan mutu pendidikan, memberi teladan dan menjaga nama baik profesi dan instansi pendidikannya.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Salurkan 100 Kambing dan 15 Sapi ke Ponpes dan Masjid

Di hadapan ratusan insan pendidikan yang tersebar di Kabupaten Pasuruan tersebut, Pj. Bupati Andriyanto memberikan contoh sistem pendidikan di negara Swiss yang dapat diadaptasi di tanah air. Minimal dari segi spirit pembelajaran berbasis inovasi dari setiap tenaga pendidik.

"Negara terinovatif di dunia itu Swiss. Bukan Korea Selatan, Amerika atau Jerman. Jadi, ayo benchmarking ke sana meski melalui berselancar lewat mesin pencari Google. Disana itu, mereka menjadikan inovasi sebagai habit sejak dini. Dan itu ditanamkan oleh guru di semua sekolah," ungkapnya didampingi Sekretaris Daerah Yudha Triwidya Sasongko serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Hasbullah.

Baca Juga: Perumahan di Pasuruan Sudah Serahkan Prasarana, Sarana, dan Utilitas

Turut hadir dalam forum diskusi yang dinamis dan meriah tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Diano Fela Very dan Inspektur Rahmat Syarifudin. Berikut, para insan pendidikan yang mayoritas dari tenaga pendidik SD. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU