Jelang Natal dan Tahun Baru, Satgas Pangan Kota Kediri Adakan Sidak Pasar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 07 Des 2023 16:21 WIB

Jelang Natal dan Tahun Baru, Satgas Pangan Kota Kediri Adakan Sidak Pasar

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Menindaklanjuti hasil High Level Meeting (HLM) TPID Kota Kediri serta adanya gejolak harga beberapa komoditas pangan jelang Natal dan Tahun Baru, Satgas Ketahanan Pangan Kota Kediri hari ini Rabu (6/12) melakukan sidak ke Pasar Grosir, Ngronggo.

Moh. Ridwan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Kediri saat dikonfirmasi mengatakan sidak dilakukan pada beberapa komoditas, khususnya cabai yang saat ini menjadi penyumbang inflasi tertinggi.

Baca Juga: Pastikan Pelayanan Berjalan Baik saat Libur Lebaran, Pj Wali Kota Mojokerto Sidak Puskesmas dan Rumah Sakit

"Hasil pantauan tadi pedagang mengaku mengalami penurunan stok. Jika setiap harinya bisa 2 ton mengirim ke luar kota, saat ini hanya bisa melayani 1,3 ton atau hampir 40% yang tidak terlayani," jelasnya.

Keterbatasan pasokan ini, dijelaskan Ridwan disebabkan adanya fenomena El Nino yang memberikan dampak cukup signifikan. Diantaranya kekeringan, kekurangan air bersih dan gagal panen.

”Stok terbatas dikarenakan gagal panen dan kemarau panjang sehingga dari harga cabai rawit yang semula Rp 45 ribu, saat ini melonjak menjadi Rp 80 ribu," jelas Ridwan.

Selain cabai, dari hasil pantauan hari ini diketahui komoditas lain yang mulai merangkak naik yakni tomat yang semula Rp 3 ribu per kg, menjadi Rp 10 ribu per kg.   

Baca Juga: Pj Wali Kota Mojokerto Temukan Makanan Terindikasi Mengandung Boraks saat Sidak Pasar

"Meskipun begitu, kita sudah memastikan ke pedagang bahwa untuk stok pasokan pangan khususnya cabai serta komoditas lain yang saat ini kami survei alhamdulillah masih ada barang dan pedagang bisa menjamin adanya stok atau pasokan pangan di Kota Kediri," terangnya.

Ridwan menambahkan, untuk menyikapi adanya kenaikan harga pihaknya akan melakukan beberapa langkah intervensi dengan mengadakan Gerakan Pangan Murah yang mulai digelar tanggal 8 Desember mendatang. Ridwan sekaligus berpesan kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap berbelanja sesuai kebutuhan.

"Jangan ada kepanikan dan jangan berbelanja berlebihan karena satgas pangan akan terus berupaya menyediakan pasokan pangan yang dibutuhkan masyarakat. Kami juga akan bekerjasama dengan para pedagang yang ada di pasar grosir untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan untuk 11 komoditas, yang utamanya adalah beras, cabai, bawang merah, bawang putih, gula, minyak goreng, dll," imbuhnya.

Baca Juga: Sidak Dewan, Pemkot Mojokerto Sambut Positif Sebagai Fungsi Kontrol

Ditemui usai melakukan sidak, Direktur PD Pasar Joyoboyo Kota Kediri Djauhari Luthfi menghimbau kepada para pedagang untuk ikut menjaga ketersediaan stok di pasar dengan menyalurkan komoditas pangan kepada masyarakat. "Kami menghimbau para pedagang agar tetap menyalurkan kebutuhan pokok pada masyarakat terutama menjelang momen natal dan tahun baru ini. Dan kami bersama Satgas Pangan akan berusaha untuk menstabilkan harga yang saat ini memang cenderung naik," ujarnya.

Sementara itu, salah satu pedagang cabai di Pasar Grosir Zen Aman menuturkan jika sebelumnya ia bisa melayani permintaan pedagang 2 ton per harinya, kini akibat keterbatasan pasokan ia hanya bisa melayani 1 ton atau 50 persen. Zen memperkirakan kenaikan harga cabai akan terus terjadi hingga awal tahun depan. “Kenaikan ini disebabkan karena pasokan sedikit namun permintaan cukup banyak. Semoga dengan turunnya hujan beberapa hari ini bisa meningkatkan produktivitas petani cabai dan tidak terjadi gagal panen sehingga harga cabai kembali stabil,” harapnya. Kominfo

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU