Prabowo Malah Ziarah ke Makam Soekarno, Ketimbang ke Soeharto

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 17 Des 2023 21:07 WIB

Prabowo Malah Ziarah ke Makam Soekarno, Ketimbang ke Soeharto

i

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto saat berziarah di makam Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, di Blitar, Minggu (17/12/2023).

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto ini punya mertua presiden yang sudah meninggal. Kini dimakamkan di Astana Giribangun. Tapi ada apa saat pilpres, ia malah berziarah ke makam Presiden Pertama RI, Ir Sukarno di Blitar, Jawa Timur, Minggu (17/12/2023).

Prabowo, tiba setelah sholat Dhuhur. Ia mengenakan kemeja krem dibalut dengan peci dan kacamata hitam.

Baca Juga: AHY tak Ambil Pusing dengan Moeldoko

Prabowo disambut riuh tepuk tangan dari para pendukung di bagian depan kompleks makam. Ia masuk ke bagian dalam kompleks pusara Bung Karno seraya menyapa para pendukung.

 

Berdiri di sebelah Pusara

Setelahnya ia pun masuk, berdiri tepat di sebelah pusara Bung Karno seraya berdoa. Ia ditemani cucu Bung Karno, Didi Mahardika, putra dari mendiang Rachmawati Sukarnoputri.

Turut mendampingi pula Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Wakil Wali Kota Blitar Tjuktjuk Sunario, hingga Ketua DPD Demokrat Jawa Timur Emil Dardak.

Usai berziarah Prabowo mengatakan ia sangat menghormati sosok Bung Karno sebagai tokoh proklamator, pejuang, dan pahlawan kemerdekaan.

"Beliau proklamator, beliau pejuang, beliau pahlawan. Jadi kita hormati pahlawan-pahlawan kita," kata Prabowo usai berziarah.

Ziarah Prabowo kemarin, bukanlah yang pertama. Pada Mei 2018 lalu, Prabowo juga pernah berziarah ke makam Bung Karno. Kala itu ia berziarah bersama putri Bung Karno, (alm) Rachmawati Sukarnoputri

 

Baca Juga: Sri Mulyani-Prabowo, Bertukar Senyum

Juru Kunci Makam Soeharto

Juru kunci makam keluarga Presiden RI kedua, Jenderal Soeharto, Sukirno menceritakan, ada 3 bakal calon presiden (bacapres) telah mengunjungi Astana Giribangun dalam waktu berbeda.

Ketiga bacapres tersebut adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Pak Prabowo sudah jarang, mungkin setahun lebih. Menjelang Pilpres lalu (tahun 2019)," ujar juru kunci Astana Giribangun, Sukirno saat ditemui belum lama ini.

 

Baca Juga: Pemkot Blitar Lakukan Operasi Pasar Selama Tiga Hari

Prabowo Jarang Berziarah

Sukirno mengaku jika mantan menantu Soeharto itu sudah jarang berziarah ke makam penguasa orde baru. Dari seluruh keluarga atau anak cucu Soeharto, tercatat hanya Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Prabowo yang sering berkunjung.

Sukirno mengatakan, untuk bacapres 2024 yang juga pernah berziarah adalah Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah itu datang bebarengan rombongan petinggi dari ibukota.

Anies Baswedan juga pernah berziarah ke makam Soeharto. Saat itu, masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

"Kalau Pak Anies lama ya. Sebelum pandemi (Covid-19). Iya waktu masih Gubernur DKI Jakarta," terang Sukirno. n sl/les/erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU