Tiga Gudang Tiner di Surabaya Kebakaran Hebat: 6 Orang Luka, Belasan Kendaraan Hangus

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 19 Des 2023 11:49 WIB

Tiga Gudang Tiner di Surabaya Kebakaran Hebat: 6 Orang Luka, Belasan Kendaraan Hangus

i

Kebakaran di gudang tiner, Jalan Kalianak 55 Madya I, Surabaya, pada Senin (18/12/2023) malam hingga Selasa (19/12/2023) dini hari. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya melaporkan sebanyak tiga gudang tiner di Jalan Kalianak 55 Madya I, Surabaya mengalami kebakaran hebat pada Senin (18/12/2023) malam hingga Selasa (19/12/2023) dini hari.

“Ada tiga gudang yang terbakar habis. Ukuran masing-masing 50 meter x 20 meter. Atapnya hancur karena ledakan-ledakan,” ujar Kepala DPKP Kota Surabaya, Dedik, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga: Pabrik di Mojokerto Terbakar, 1 Orang Terluka

Berdasarkan informasi yang dihimpun petugas, proses pekerjaan di gudang tersebut dimulai setelah magrib. Saat itu, para pekerja akan menuangkan tiner ke dalam kemasan. Kemudian tiba-tiba kebakaran itu terjadi. 

Dedik menambahkan, proses pemadaman api membutuhkan waktu cukup lama disebabkan ketiga gudang itu berisi tong-tong tiner yang memang berisiko meledak dan terbakar jika terkena panas.

“Berulang kali terjadi ledakan, membuat kami tidak berani melakukan frontal attack. Membuat kami bermain aman,” terangnya.

Diketahui, api pokok berhasil dipadamkan pada Selasa dini hari pukul 03.17 WIB. Sedangkan proses pembasahan selesai dan situasi dinyatakan kondusif pukul 05.13 WIB.

Sebanyak 24 unit tempur, enam unit rescue, dan lima unit tangki air dikerahkan untuk memadamkan api yang melalap gudang milik Handojo dan Yuliana tersebut.

Namun, lebih lanjut, Dedik belum bisa memastikan secara pasti penyebabnya. Sebab masih menunggu hasil penyelidikan aparat terkait. Sementara itu, menurut Dedik, kebakaran ini juga berdampak ke sebuah gudang yang terletak di sebelah gudang tiner itu. 

Baca Juga: Kandang Ayam di Jombang Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

“Karena atap di gudang sebelah terbuat dari fiber, membuatnya langsung meleleh terkena ledakan tong tiner. Kemudian membakar sedikit bagian bawahnya. Tapi sudah bisa diamankan petugas,” terangnya.

Dalam insiden tersebut, menelan korban jiwa sebanyak enam orang. Tiga diantaranya mengalami luka bakar cukup serius dan harus mendapatkan perawatan intensif di RSUD dr. Soetomo, Surabaya. 

Selain korban luka, api juga menghanguskan tiga unit pikap, tiga unit truk, dan sebelas unit motor yang terparkir di gudang tersebut. Hanya dua unit pikap dan satu truk yang berhasil diselamatkan dalam insiden kebakaran ini. 

Baca Juga: Sijago Merah Lalap Dapur, Robohkan Dinding Bambu Rata dengan Tanah

Dedik menyayangkan karena di sekitar gudang hampir tidak ditemukan sistem proteksi. Dedik bahkan tidak melihat APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang mencukupi untuk memadamkan api.

“Memang itu bukan gedung tinggi, tidak bertingkat, tapi punya risiko tinggi terhadap kebakaran,” ungkap Dedik.

“Selain itu pemilik atau pekerja gudang di sana juga kurang kurang aware dengan Command Center 112. Sehingga saat kami datang, api sudah sangat besar,” ujarnya.

Tak lupa, Dedik juga mengimbau kepada seluruh warga maupun pemilik usaha di Surabaya untuk segera melaporkan ke Command Center 112 jika terjadi kebakaran. Sebab semakin cepat dilaporkan, makin tinggi pula potensi kebakaran untuk diselamatkan. sb-02/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU