Penjualan Tiket Meledak saat Nataru, Naik Kereta Api Diminta Pakai Masker

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 21 Des 2023 10:08 WIB

Penjualan Tiket Meledak saat Nataru, Naik Kereta Api Diminta Pakai Masker

i

Ilustrasi para pengguna menggunakan masker tengah menunggu kedatangan kereta api saat musim libur Nataru. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Menjelang libur Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk memakai masker dan menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan lantaran kasus Covid-19 Indonesia yang dilaporkan naik.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, jika nantinya ada kebijakan baru dari pemerintah terkait aturan naik kereta api dengan concern terhadap naiknya kasus Covid-19.

Baca Juga: Sambut Mudik Lebaran, KAI Daop 8 Optimalkan Perawatan Jalur Kereta Api

“Sebagai langkah pencegahan, KAI memastikan seluruh petugas telah dilakukan vaksinasi. Di samping itu, sebelum kereta api beroperasi setiap harinya, kami selalu mencuci baik eksterior maupun interior dengan bahan-bahan yang dapat membunuh kuman. Setelah kereta api selesai beroperasi pun, kami lakukan fumigasi di tempat perawatan,” jelasnya, Kamis (21/12/2023).

Disisi lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga turut khawatir melihat tren peningkatan kasus Covid-19 di beberapa negara, termasuk Indonesia. Sebagai antisipasi, dia meminta jajarannya ikut bersiap mengacu pada data yang dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per 20 November 2023 atas adanya peningkatan kasus ini.

"Kita melihat bahwa data WHO, 20 November di beberapa negara, Rusia Italia, Singapura, Polandia melaporkan peningkatan Covid lumayan tinggi dengan varian EG 5 dan di Indonesia juga sudah mulai terjadi," pungkasnya.

Baca Juga: 3 KA dari Stasiun Pasarturi Surabaya Batal Berangkat, 654 Penumpang Terkena Imbas

Apalagi ditambah peningkatan kasus ditengah mobilitas masyarakat selama libur Nataru nanti. Pihaknya mencatat, saat ini sudah mulai ada yang dirawat karena Covid-19. Oleh karenanya, pihaknya juga turut melakukan persiapan. Utamanya pada aspek kebersihan di posko dan edukasi keselamatan di masyarakat.

"Oleh karenanya kita pada saat melakukan kegiatan kita sarankan kebersihan itu dijaga dan kita selaku petugas menyiapkan kegiatan ini dengan baik tetapi juga mengedukasi masyarakat. Insya Allah lonjakan ini tidak terjadi lebih jauh dan kita bisa me-manage-nya dengan baik," tuturnya.

Baca Juga: Imbas Banjir Semarang, KA Jakarta-Pasar Turi Surabaya Alami Keterlambatan

Sementara itu melihat libur Nataru yang tinggal menghitung hari, pada Rabu (20/12/2023), berdasarkan pantauan KAI mencatat penjualan tiket Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal yang dikelola KAI untuk arus mudik Natal yakni tanggal 21 s.d 24 Desember 2023 telah mencapai 543.522 tiket atau 81,4% dari tiket yang disediakan sebanyak 667.674 tiket.

Penjualan tiket tertinggi arus mudik Natal terjadi pada Sabtu, (23/12/2023) sebanyak 154.179 penumpang atau 92,35% dari tiket yang disediakan. Sedangkan penjualan tiket tertinggi arus balik Natal sejauh ini terjadi pada Selasa (26/12/2023) dengan jumlah 118.175 penumpang atau 70,77% dari tiket yang disediakan. jk-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU