Kisah Unik, Mumi Berlidah Emas di Oxyrhynchus, Dipercaya Bisa Berbicara dengan Dewa Kematian Mesir

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 15 Jan 2024 14:46 WIB

Kisah Unik, Mumi Berlidah Emas di Oxyrhynchus, Dipercaya Bisa Berbicara dengan Dewa Kematian Mesir

i

Ada Mumi Berlidah Emas, Dipercaya Bisa Berbicara dengan Dewa Kematian Mesir. SP/ Kementerian Pariwisata dan Benda Kepurbakalaan Mesir

SURABAYAPAGI.com, Mesir - Sebuah kisah dan kejadian unik mengulik sesosok dua mumi ditemukan dengan memiliki lidah emas di kota kuno Oxyrhynchus, Mesir. Dua mumi itu ditemukan bersama 18 mumi lainnya di makam batu kapur dan diyakini berasal dari kalangan kaya dan tergolong sebagai orang penting pada masanya.

Sedangkan melansir All Thats Interesting, Senin (15/01/2024), makam itu diperkirakan telah ada dari periode Romawi Mesir sekitar 29 M sampai 641 M. Sedangkan menurut tradisi Mesir Kuno, menaruh lidah emas di bawah mulut mumi itu dipercaya agar roh bisa berbicara dengan dewa kematian Mesir.

Baca Juga: Santer Wacana Hak Angket Kecurangan Pilpres 2024, Jimly: Ini Cuma Gertak-gertak Politik Saja

"Orang-orang Mesir menyematkan lidah emas untuk mengembalikan fungsi vital kepada orang mati dan juga agar tubuh tetap utuh di akhirat. Bagi orang Mesir, emas adalah daging para dewa," ucap Wakil Direktur Misi Arkeologi di Oxyrhynchus, Esther Pons Mellado dan Maite Mascort.

Esther dan Maite juga menemukan halaman papirus atau kertas tebal yang digunakan pada zaman dahulu ditulis dengan menggunakan bahasa Yunani hingga terdapat patung dewi kesuburan Mesir, Isis.

Baca Juga: Rela Jual 2 Mobil Demi Danai Kampanye, Dede Sunandar 'Siap Stres' Hanya Dapat 10 Suara

Diketahui, kota kuno Oxyrhynchus sendiri dikenal sebagai lokasi yang erat dan berpengaruh dengan peradaban dunia kuno.

Baca Juga: Mendag Dorong Konsumsi Beras SPHP, Warga: Rasanya Kurang Enak, ‘Anyep’

"Ini adalah pertama kalinya kami menemukan di Oxyrhynchus terra cotta dengan gambar Isis-Aphrodite dan pertama kali potongan-potongan muncul di area ini Mesir tengah," lanjutnya.

"Oxyrhynchus pernah menjadi kota yang sangat berpengaruh di dunia kuno. Oxyrhynchus adalah kota kedua Mesir setelah Alexandria. Ada hubungan bisnis dan budaya yang hebat antara kedua kota ini," sambung mereka. msr-01/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU