KPU Lamongan Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 31 Jan 2024 19:53 WIB

KPU Lamongan Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Jelang 14 hari coblosan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, Rabu (31/1/2024) gelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara.

Bertempat di halaman kantor KPU Lamongan, Jalan Basuki Rahmat no 207 digelar proses simulasi melibatkan anggota Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) yang diperagakan sebanyak 50 pemilih dari berbagai Kecamatan di Lamongan. Dimana tempat dan langkah serupa seperti di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga: Usai Rekapitulasi Kecamatan, Muncul Tudingan Oknum Birokasi Lamongan Main-main

Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali, mengaku simulasi dimulai dengan penjelasan teknis Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), pelantikan anggota KPPS, penyerahan mandat saksi, hingga proses pemungutan suara.

“Simulasi ini merupakan bagian integral dari tahapan pemilu 2024. Simulasi ini akan diimplementasikan di seluruh TPS, bertujuan menciptakan kesamaan persepsi tentang teknis penyelenggaraan pemilu,” kata Mahrus, Rabu (31/1/2024).

Baca Juga: Labib Ungguli Incumbent Roro, Amankan 1 Kursi DPR RI Dapil Lamongan-Gresik

Dua minggu mendatang, lanjut Mahrus, pada tanggal 14 Februari 2024, kita akan memasuki puncak pemilu 2024. Pemilihan mencakup 5 pilihan, yakni DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI, serta Presiden dan Wakil Presiden.

“Berbagai tahapan pemilu 2024, termasuk pelantikan dan bimbingan teknis KPPS. Proses distribusi logistik ke Kecamatan juga akan segera dilaksanakan.” ujarnya.

Baca Juga: Peringati 3 Tahun Yuhronur-Rouf Pimpin Lamongan, Para Pejabat Serempak Baca Al-Qur'an

Lebih lanjut, Mahrus menambahkan, pentingnya kolaborasi antara penyelenggara pemilu, pemerintah, dan masyarakat untuk memastikan kesuksesan pelaksanaan pemilu.

“Terima kasih kepada semua stakeholder yang turut mendukung penyelenggara pemilu selama ini. Semoga pelaksanaan pemilu berlangsung sukses, aman, damai, dan kondusif,” pungkas Mahrus Ali. Lm-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU