Dispendukcapil Kota Malang Jemput Bola Rekam e-KTP Pemilih Pemula

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 05 Feb 2024 19:26 WIB

Dispendukcapil Kota Malang Jemput Bola Rekam e-KTP Pemilih Pemula

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) berupaya untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih pemula untuk turut serta pada pesta demokrasi terbesar di Indonesia, Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengatakan, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih pemula itu adalah dengan layanan jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) ke sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA).

Baca Juga: 5 TPS di Malang akan Lakukan PSU

"Anak-anak ini merupakan pemilih pemula, tentu saja akan mencerminkan tanggung jawab mereka untuk bisa memberikan suaranya," kata Wahyu, Senin (5/2).

Perekaman KTP elektronik untuk para pemilih pemula tersebut, dilakukan di SMAN 1, SMAN 3 dan SMAN 4 Kota Malang. Wahyu menjelaskan, dengan menggunakan hak suara yang dimiliki oleh pemilih pemula tersebut, dinilai akan berkontribusi dalam masa depan Indonesia.

Baca Juga: Satgas Pangan Malang Cek Bapok Jelang Ramadhan

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Pemkot Malang untuk memastikan bahwa seluruh penduduk, termasuk para generasi muda, memiliki identitas resmi yang sah dan tercatat secara lengkap dalam sistem administrasi negara," katanya.

Ia menilai, perekaman e-KTP tersebut memiliki nilai strategis terutama bagi para pemilih pemula. Dengan memiliki identitas resmi itu, akan menjadi landasan bagi masa depan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, pekerjaan termasuk turut serta dalam Pemilu 2024.

Baca Juga: Dukung Zero Emisi, Polresta Terima Sertifikat Dekarbonasi Partner dan Pohon dari Pertamina

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kota Malang Dahliana Lusi Ratnasari menambahkan, pihaknya secara rutin telah menggelar kegiatan jemput bola, termasuk untuk SMA/sederajat yang ada di wilayah Kota Malang.

Ia menambahkan, saat ini Dispendukcapil Kota Malang tengah mengusahakan agar anak muda yang berusia 17 tahun ini bisa melakukan perekaman e-KTP. Hal tersebut erat kaitannya dengan pesta demokrasi serentak yang akan digelar pada 14 Februari 2024. Ml-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU