Tinjau Logistik Pemilu, Adhy Karyono Pastikan Surat Suara Siap Didistribusikan Ke TPS

author Arlana Chandra Byob

- Pewarta

Selasa, 13 Feb 2024 16:07 WIB

Tinjau Logistik Pemilu, Adhy Karyono Pastikan Surat Suara Siap Didistribusikan Ke TPS

i

Plh Gubernur Jatim Adhy Karyono bersama Forkopimda dan KPU Jatim meninjau persiapan distribusi logistik pemilu 2024 Gelora Pancasila Surabaya. Selasa. (13/2/2024). Sp/Arlana

SurabayaPagi, Surabaya - Plh Gubernur Jatim Adhy Karyono bersama Forkopimda dan KPU Jatim meninjau persiapan distribusi logistik pemilu 2024 Gelora Pancasila Surabaya. Selasa. (13/2/2024).

 

Baca Juga: Pemprov Jatim Usulkan 5.650 Formasi CASN 2024

Pada kegiatan ini, Adhy memantau persiapan logistik pemilu 2024 seperti kotak dan surat suara sudah siap didistribusikan ke TPS yang ada di Kota Surabaya.

 

“Sesuai prosedur dan saya lihat prosedurnya sangat ditaati, dari gedung ini bergeser ke kecamatan dan kelurahan dan nanti malam dipastikan sudah bisa masuk ke TPS,” ujarnya.

 

Adhy menerangkan, untuk TPS di wilayah Kota Surabaya sudah tidak ada kendala dan bisa dipastikan tidak ada persoalan pada distribusi logistik pemilu. 

 

Sedangkan dirinya dan Forkopimda Jatim akan memantau pendistribusian peralatan pemungutan suara 2024 di wilayah lainnya.

 

“Teman-teman dari KPU dengan wakapolda, pak Pangdam sudah mulai jalan, ini baru bergabung lagi, sebagian sudah cukup baik terpantau namun kali ini kita bersama-sama kita akan coba cek kondisi di daerah lain bagaimana distribusinya yaitu di Sidoarjo maupun Gresik,” tegasnya.

 

Di tempat yang sama, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan bahwa pihaknya telah mendistribusikan pasukan untuk mengamankan logistik pemilu termasuk di lima daerah rawan seperti Madura dan Pasuruan.

 

“Insya Allah dengan pasukan yang kita sudah distribusikan kejadian-kejadian tahun 2019 mudah-mudahan bisa kita mitigasi,” terangnya.

Baca Juga: Gelar Pasar Murah Bersama Disperindag Jatim, Adhy Karyono Jaga Ketersediaan Stok Beras Jelang Ramadhan

 

Imam Sugianto mendeskripsikan daerah rawan yakni netralitas penyelenggara pemilu dan fanatisme dukungan serta pengaruh tokoh sehingga di daerah tersebut perlu penambahan pasukan pengamanan dari TNI dan Polri.

 

“Kemudian geografi terutama itu juga, kita tambahin seperti di Pamekasan, Sampang itu kita taruh di sana 8 SSK TNI dan Polri. Mudah-mudahan dengan menempatkan pasukan lebih itu bisa mengurai kerawanan-kerawanan yang mungkin terjadi,” tuturnya.

 

Petugas menyiapkan kotak suara untuk didistribusikan ke TPS di Kota Surabaya. Sp/ArlanaPetugas menyiapkan kotak suara untuk didistribusikan ke TPS di Kota Surabaya. Sp/Arlana

 

Baca Juga: Terima Audensi Dengan Dubes Swiss, Adhy Karyono Bahas Potensi Ekonomi di Jatim

Sementara itu, Ketua KPU Jatim Choirul Anam menjelaskan distribusi logistik pemilu hingga hari ini sudah 100 persen tersalurkan ke seluruh Kabupaten/Kota dan dipastikan malam ini semuanya sudah ada di kelurahan dan TPS.

 

“Untuk daerah 3T (Tersulit, Terjauh,Terluar) ini sudah kita lakukan lebih awal. Sumenep misalkan di beberapa kepulauan seperti Masalembu, Kangean ini tanggal 3 Februari ini sudah kita geser, kita dorong lebih awal termasuk pulau Bawean Gresik, ini kemarin tanggal 5 juga sudah kita geser dan laporan semua sudah aman terkendali. Meskipun kami juga sudah punya plan B kalau kemudian cuaca tidak mendukung tapi ternyata cuaca juga kondusif sehingga kami cukup menggunakan kapal-kapal reguler tidak perlu menggunakan kapal TNI maupun Polri,” urainya.

 

KPU Jatim juga telah menyiapkan 416 TPS di lokasi khusus dan pihaknya pun memetakan jumlah pemilih yang menggunakan haknya dan masuk kategori pindah pilih dan logistik pemilu sudah didistribusikan ke TPS terdekat.

 

“Insya Allah tidak ada namanya TPS yang sampai kehabisan surat suara,” pungkasnya. Byb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU