Pj Wali Kota Ali Kuncoro Gerak Cepat Atasi Kelangkaan dan Kenaikan Harga Beras Premium

author Dwi Agus Susanti

- Pewarta

Kamis, 15 Feb 2024 16:37 WIB

Pj Wali Kota Ali Kuncoro Gerak Cepat Atasi Kelangkaan dan Kenaikan Harga Beras Premium

i

Pj Wali Kota Ali Kuncoro saat memimpin rakor pengendalian inflasi daerah bersama TPID

 

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto -Terus merangkaknya harga beras di pasar membuat warga Kota Mojokerto was -was. Apalagi, untuk beras premium saat ini mulai langka di ritel-ritel modern. 

Baca Juga: Pimpin Apel Pagi Pasca Libur Lebaran, Pj Ali Kuncoro Ingatkan PR Sudah Menanti

Pj Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro gerak cepat merespon kondisi tersebut. Selain menggencarkan operasi pasar murah, petinggi Pemkot Mojokerto ini juga menggelar rapat koordinasi Hight Level Marketing (HLM) bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Ruang Kerja Wali Kota, Kamis (15/2/2024).

Kepada wartawan, Mas Pj sapaan akrab Ali Kuncoro mengatakan menipisnya stok beras premium dipicu oleh kenaikan harga gabah kering giling di tingkat petani

"Di super market dan mini market  franchise stoknya memang menipis, tapi di supermarket lokal masih melimpah. Pun demikian di Bulog juga masih banyak. Selain itu yang mengkonsumsi beras jenis premium ini kan sangat terbatas," ujarnya.

Pj Ali Kuncoro menyebut, ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan untuk mengeliminir masalah tersebut. Diantaranya dengan terus menggencarkan operasi pasar murah sampai harga kembali stabil. 

"Hari ini kita sudah mulai melakukan OP di pasar Tanjung Anyar dan pasar Pralon. Selain menjual beras murah, kita juga menjual minyak goreng serta gula," tegasnya. 

Tak hanya itu, Pemkot Mojokerto juga akan melakukan koordinasi intensif antar retail franchise, para agen beras serta para buyers sehingga terdapat alternatif suplier.

Baca Juga: Tak Ada WFH, Pj Ali Kuncoro Tegaskan ASN Pemkot Mojokerto Kembali Kerja Usai Libur Lebaran

"Harapan kita jika suplier resminya tidak punya stok beras premium, kita punya alternatif supplier lainnya," ungkapnya.

Intervensi juga dilakukan Mas Pj dengan menggerakkan seluruh ASN Pemkot Mojokerto untuk membeli beras premium bukan medium di pracangan TPID KPRI Trimadya. Sehingga NIK bisa dicek dengan pembelian maksimal per minggu sebanyak 10 kg.

"Pembayaran bisa dipotong bulanan, beras premium akan dipasok Bulog, sehingga stok di minimarket bisa dimaksimalkan untuk selain ASN," tukasnya.

Masih kata Mas Pj, Pemkot Mojokerto juga sedang mengkaji untuk penempatan Cadangan Pangan (Beras) sebagai lumbung padi di Bulog. Sehingga dalam keadaan khusus dan luar biasa sudah ada back up.

Baca Juga: Terbuka Untuk Umum, Open House Pj Wali Kota Ali Kuncoro Diserbu Warga

"Kita akan hitung kebutuhan beras warga Kota Mojokerto per harinya berapa, misal kebutuhan 100 ton perhari, maka tiap hari kita akan simpan di lumbung padi sebesar jumlah tersebut," ucapnya.

Alternatif terakhir, Pemkot Mojokerto akan mensosialisasikan diversifikasi pangan dari beras ke pengganti lainnya. Sehingga ketergantungan warga terhadap beras berkurang. 

Sekedar informasi, rakor pengendalian inflasi yang digelar Bagian Perekonomian dan SDA Setdakot Mojokerto tersebut diikuti oleh Sekdakot Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo serta sejumlah Kepala OPD Terkait. Dwi

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU