Venna Melinda, Ayu Azhari Terancam Gagal ke Senayan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 23 Feb 2024 20:16 WIB

Venna Melinda, Ayu Azhari Terancam Gagal ke Senayan

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Puluhan artis ibu kota yang ramai-ramai mencoba peruntungan di dunia politik Pemilu 2024, cukup banyak yang gagal ke Senayan. Mereka ada yang baru terjun, tidak sedikit yang merupakan petahana. Ada juga yang cari peruntungan  untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Para artis mencalonkan diri dari berbagai partai politik. Sayangnya, populer saja tidak cukup menjadi modal. Nama besar dan label sebagai artis ibu kota rupanya belum mampu mendongkrak suara dalam Pemilihan legislatif (Pileg).

Baca Juga: Media Asing dan Perludem, Soroti Selebriti Nyaleg

Termasuk kaitannya dengan keberadaan partai politik yang ditumpangi. Partai politik itu harus memenuhi ambang batas perolehan suara paling sedikit 4% (empat persen) dari jumlah suara sah secara nasional. Suara ini untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi anggota DPR.

Oleh sebab itu, parpol peserta Pemilu yang mendapatkan suara kurang dari empat persen dipastikan tidak bakal diikutsertakan dalam penghitungan perolehan kursi DPR di setiap dapil, seperti yang diatur dalam Pasal 415.

 

Dapil Neraka

Wilayah Banten III yang disebut dapil neraka muncul nama Rano Karno dari PDIP dan Virnie Ismail dari PAN, maju ke Senayan. Banten III meliputi kawasan Tangerang Raya, yakni Kabupaten Tangeran, Kota Tangerang Selatan dan Tangerang.

Disebut dapil neraka karena terdapat sejumlah nama besar, ada dua mantan gubernur Banten Rano Karno dan Wahidin Halim, serta mantan walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. Mereka berebut kursi DPR RI di Banten III. Ada juga beberapa tokoh besar, yakni Sufmi Dasco yang kini menjabat Wakil Ketua DPR RI dan Hary Tanoesoedibjo sebagai Ketua Perindo.

Rano Karno untuk sementara mendapatkan suara 22.987 dan berada di posisi pertama dari 10 caleg PDIP. Virnie Ismail untuk sementara mendapatkan suara 3.072 berada di posisi kesembilan dari 10 caleg PAN.

Sementara, Ahmad Dhani, yang maju melalui Dapil Jawa Timur I dari Partai Gerindra telah meraih 21,55 persen suara di dapil tersebut. Sementara Ahmad Dhani mendapatkan 43.616 suara.

Anang Hermansyah dari partai PDIP sendiri juga berpotensi gagal.

 

Nama Artis Terancam Gagal

Ini sejumlah artis yang terancam gagal lolos masuk Senayan berdasarkan hasil sementara real count Komisi Pemilihan Umum (KPU), per Jumat 23 Februari 2024 pukul 17.30:

Salah satu dari mereka adalah Vicky Prasetyo yang menjadi caleg di dapil Jabar VI. Vicky Prasetyo sudah siap menerima kekalahannya. Kini ia tengah menyibukkan diri dengan pekerjaan di dunia hiburan lagi untuk mengalihkan perhatian.

"Sudah mulai (syuting lagi), aku bilang sama manajemen aku, 'Yuk kita syuting. Alhamdulillah hari ini ada empat syuting, ada live FYP'. Nggak ada pilihan, nggak mungkin kita di rumah aja sekarang diam untuk meratapi," kata Vicky Prasetyo ketika ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, pada Selasa (20/2/2024).

kekalahan di dapil, tapi juga soal boncos harta. Disebut-sebut Vicky Prasetyo mengeluarkan modal miliaran rupiah hingga jual aset untuk nyaleg dan kini hal itu sia-sia.

"Nggak sampai (jual aset)," bantah Vicky dalam kesempatan yang sama.

"Mobil masih ada di depan mata, masih terlihat aman sih. Cuman berjuang dari uang tabungan selama syuting ya ada-lah kita nggak munafik namanya kita memberikan, kita kan turun, nggak diam. Kecuali diam ya terserah deh, ini kita turun," lanjut dia.

Aldi Taher, berpotensi tak masuk parlemen karena partainya, Perindo, tak tembus ambang batas suara. Dalam Pemilu 2024, ia nyaleg dengan dapil Jawa Barat VII

 

Juga Venna Melinda

Perolehan suara meski  tembus lima digit di dapil Jawa Timur VI. Ia mendapatkan 10.960 suara berdasarkan penghitungan terhadap 10.996 dari 12.955 TPS di sana. Dan peluang Venna Melinda ke parlemen tampaknya terhambat dari Partai Perindo yang masih jauh untuk tembus empat persen

Juga Doadibadai atau Badai Kerispatih , berisiko tak lolos akibat suara partainya, PSI, tak tembus empat persen. Ia maju dengan dapil yang sama dengan Aldi Taher, Jawa Barat VI.

Perolehan Badai berada di posisi buntut, yakni 1.165 suara. Angka tersebut berdasarkan penghitungan terhadap 5.435 dari 12.648 TPS atau sekitar 42,97 persen.

 

Sultan Djorghi dan Aldi

Berdasarkan real count KPU Berdasarkan real count KPU versi 8.00 WIB dan perhitungan 7.158 dari 18.000 TPS yang setara dengan 39,77 persen total suara, Aldi Taher mengumpulkan 1.628 suara dan menjadi yang ketiga terbanyak di antara calon lainnya.

Sultan Djorghi juga berpotensi tak lolos karena perolehan suaranya. Penyanyi tersebut menjadi caleg dari dapil Sumatera Utara I untuk Partai Golkar yang sesungguhnya akan lolos ke parlemen.

Ia baru mengumpulkan 568 suara atau terendah kedua di antara 10 caleg Partai Golkar di dapil itu.

Peluang Didi Riyadi ke parlemen diperkirakan tak besar. Perolehan suara caleg Partai NasDem dapil Jawa Barat XI itu kini menempati posisi keempat dengan 5.042 suara. Suara tiga caleg NasDem di atasnya sudah tembus lima digit.

Angka itu berdasarkan penghitungan 11.570 dari 15.093 TPS atau setara dengan 76,66 persen, per pukul 07.00 WIB.

 

Once Mekel dan Krisna Mukti

Ellfona Mekel (Once Mekel) yang maju melalui Dapil DKI Jakarta II, telah meraih suara sebanyak 26.039. Once menjadi caleg dengan suara tertinggi dari enam caleg PDI Perjuangan lainnya di dapil DKI Jakarta II.

Krisna Mukti diperkirakan tak bisa kembali ke DPR dalam Pemilu 2024. Caleg NasDem dapil Jawa Timur 1 ini baru mengumpulkan 1.922 suara yang membuatnya di posisi keenam dari 10 calon lainnya.

Angka itu berdasarkan penghitungan 8.362 dari 13.733 TPS atau setara dengan 60,89 persen, per pukul 08.00 WIB.

Aktor sekaligus presenter itu sebelumnya menjadi anggota dewan periode 2014-2019 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan dapil Jawa Barat VII. Pada Pemilu 2019, ia sudah jadi caleg Partai NasDem dan tak lolos parlemen dengan perolehan 4.609 suara

 

Opie Kumis-Dede Sunandar

Pelawak Dede Sunandar mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Dapil Kota Bekasi V.

Ia maju melalui Partai Perindo. Sudah merelakan dua unit mobil mewahnya untuk modal 'nyalon', Dede hanya mendapat 11 suara versi real count KPU suara masuk 36,60%.

Komedian Opie Kumis yang maju di DPRD dapil DKI Jakarta VI melalui PAN. Sudah menjual burung murainya senilai Rp25 juta, faktanya Opice Kumis baru memperoleh 1,575 suara dari total suara masuk 48,09%.

Nama Zora Vidyanata yang cukup tenar dalam dunia seni peran itu harus meredup di Pemilihan Legislatif karena hanya mampu meraup 2,465 suara di dapil Jawa Barat VI.

 

Miing-Vicky Prasetyo

Komedian lawas yang pernah tergabung dalam grup lawak Bagito, Dedy Miing, tergabung dalam Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) dan mengadu kekuatannya di dapil Jawa Barat VI. melawan Vicky Prasetyo dan Zora Vidyanata.Ia memperoleh 1.068 suara sejauh ini, menempati urusan dua terbanyak dari partainya.

Artis sekaligus pengacara , Farhat Abbas, mengikuti kontestasi Pemilu 2024 bersama Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) di dapil Jawa Barat I dengan suara sebanyak 226.

Bertandang di dapil DKI Jakarta I, Ustaz Yusuf Mansur yang menunggangi Partai Perindo hanya meraup 1,290 suara, dibawah Aiman Witjaksono yang memperoleh 2,597 Ketika ditanya alasannya memilih Perindo pada konsolidasi pemenangan Partai Perindo 2024, Ustadz Yusuf Mansur menjawab bahwa Perindo merupakan partai yang terasa seperti rumah dan berpihak kepada rakyat. Di samping itu, dapil DKI Jakarta I telah menerima 56,59% suara dari keseluruhan total suara.

Siti Khadijah Azhari atau Ayu Adzhari, bertanding dengan Ustadz Yusuf Mansur di dapil DKI Jakarta I melalui PAN. Ia hanya memperoleh 2,895 suara.

 

Miss Indonesia 2020

Meski cantik dan berbakat, Carla Yules yang dikenal sebagai Miss Indonesia 2020 yang dinaungi oleh Partai Perindo di dapil DKI Jakarta II itu hanya mendapat 1,870 suara dari 56,70% suara masuk, jumlah tersebut terpaut jauh dari Liliana Tanoesodibjo, istri dari Hary Tanoesodibjo, yang memimpin partainya dengan lebih dari 14 ribu suara.

 Viral dengan video tariannya menarikan lagu India, Noorman Camaru mencoba peruntungannya bersama PKB di dapil Gorontalo dan berhasil mencetak 1,326 suara dari 73,01% suara yang masuk.

 

Gilang Dirga dapat 1.455

Pembawa acara kondang Gilang Dirga menyebut kegagalannya pada Pemilu 2024 adalah sebuah pelajaran menuju keikhlasan. Dia juga menghargai semua orang yang memilih dirinya di bilik suara.

Sampai saat ini Gilang Dirga memperoleh 1.455 suara yang membuatnya harus puas di posisi ketiga dari enam caleg PPP. Gilang Dirga juga mengaku tidak kecewa karena suaranya kalah dari dua caleg yang ada di partainya.

Penyanyi kondang Anang Hermansyah juga menambah panjang daftar caleg artis yang tidak lolos ke Senayan. Caleg PDIP Dapil V Jawa Barat ini kalah suara dari rekan satu partainya. Anang memperoleh 18.018 suara, sementara rekan separtainya yakni Adian Napitupulu memperoleh 36.542 suara.

 

Berikut Perolehan Suara Sementra Artis yang Maju Caleg

Rieke Diah Pitaloka

- Dapil: Jawa Barat VII.

- Jumlah suara: 12.777.

 

Ali Syakieb

- Dapil: Jawa Barat XI.

- Jumlah suara: 24.098.

 

Kris Dayanti

- Dapil: Jawa Timur V.

- Jumlah suara: 39.693.

 

Rano Karno

- Dapil: Banten III.

- Jumlah suara: 28.816.

 

Tamara Maria Geraldine Tambunan

- Dapil: Sumatera Utara II.

- Jumlah suara: 2.428.

 

Junico BP Siahaan (Nico Siahaan)

- Dapil: Jawa Barat I.

- Jumlah suara: 19.217.

 

Wanda Hamidah

- Dapil: DKI Jakarta I.

- Jumlah suara: 3.450.

 

Nurul Arifin

- Dapil: Jawa Barat I.

- Jumlah suara: 22.818.

 

Sultan Pasha Djorghi

- Dapil: Sumatera Utara I.

- Jumlah suara: 555.

 

Ayu Azhari

- Dapil: DKI Jakarta I hanya dapat suara: 2.865

 

Desy Ratnasari

- Dapil: Jawa Barat IV.

- Jumlah suara: 30.853.

 

Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio)

- Dapil: DKI Jakarta I.

- Jumlah suara: 26.679.

 

Lula Kamal

- Dapil: DKI Jakarta II.

- Jumlah suara: 13.178.

 

Primus Yustisio

- Dapil: Jawa Barat V.

- Jumlah suara: 58.991.

 

Moch. Charly Vanhoutter (ST12)

- Dapil: Jawa Barat VIII.

- Jumlah suara: 18.686.

 

Ritchie Ismail (Jeje Govinda)

- Dapil: Jawa Barat II.

- Jumlah suara: 14.481.

Baca Juga: Dhani-Mulan, Suami-Istri Bakal ke Senayan

 

Sigit Purnomo (Pasha Ungu)

- Dapil: DKI Jakarta III.

- Jumlah suara: 10.703.

 

Uya Kuya

- Dapil: DKI Jakarta II.

- Jumlah suara: 38.046.

 

Verrel Bramasta

- Dapil: Jawa Barat VI.

- Jumlah suara: 17.494.

 

Virnie Ismail

- Dapil: Banten III.

- Jumlah suara: 3.949.

 

Choky Sitohang

- Dapil: Jawa Barat VI.

- Jumlah suara: 5.405

 

Derry Drajat

- Dapil: Jawa Barat III.

- Jumlah suara: 2.383.

 

Harababdu (Bedu)

- Dapil: DKI Jakarta II.

- Jumlah suara: 7.051.

 

Jamal Mirdad

- Dapil: Jaw Tengah I.

- Jumlah suara: 10.759.

Melly Goeslaw

- Dapil: Jawa Barat I.

- Jumlah suara: 26.389.

 

Moreno Soeprapto

- Dapil: Jawa Timur V.

- Jumlah suara: 63.911.

 

Mulan Jameela

- Dapil: Jawa Barat XI.

- Jumlah suara: 44.224.

 

Dhani Ahmad Prasetyo

- Dapil: Jawa Timur I.

- Jumlah suara: 45.327.

 

Rachel Maryam Saydina

- Dapil: Jawa Barat II.

- Jumlah suara: 33.007.

 

Taufik Hidayat

- Dapil: Jawa Barat II.

- Jumlah suara: 26.413.

 

Dede Yusuf Macan Effendi

- Dapil: Jawa Barat II.

- Jumlah suara: 52.446.

 

Dina Lorenza Audria

Baca Juga: PAN dan PDIP, Bersaing Dorong Artis ke Senayan

- Dapil: Jawa Timur III.

- Jumlah suara: 35.263.

 

Gilang Dirgahari

- Dapil: DKI Jakarta I.

- Jumlah suara: 1.464.

 

Aditya Herpavi Rachman

- Dapil: Jawa Barat VI.

- Jumlah suara: 1.055.

 

Usnan Batubara (Ucok Baba)

- Dapil: Banten II.

- Jumlah suara: 301.

 

Arzeti Bilbina Setyawan

- Dapil: Jawa Timur I.

- Jumlah suara: 28.317.

Tommy Kurniawan

- Dapil: Jawa Barat V.

- Jumlah suara: 47.473.

 

Zora Vidyanata

- Dapil: Jawa Barat VI.

- Jumlah suara: 2.241.

 

Sunarji (Narji Cagur)

- Dapil: Jawa Tengah X.

- Jumlah suara: 10.848.

 

Arnold Poernomo

- Dapil: Jawa Timur I.

- Jumlah suara: 2.840.

 

Emilia Contessa

- Dapil: Jawa Timur III.

- Jumlah suara: 1.786.

 

Jam'an Nurchotib Mansur (Yusuf Mansur)

- Dapil: DKI Jakarta I.

- Jumlah suara: 1.275.

 

Siti Tuti Susilawati (Sania)

- Dapil: Jawa Barat II.

- Jumlah suara: 1.597.

 

Venna Melinda

- Dapil: Jawa Timur VI.

- Jumlah suara: 10.890.

 

Vicky Prasetyo

- Dapil: Jawa Barat VI.

- Jumlah suara: 1.835.

 

Giring Ganesha Djumaryo (Giring eks Nidji)

- Dapil: Jawa Barat I.

- Jumlah suara: 14.895.

 

Helmy Yahya

- Dapil: Sumatera Selatan I.

- Jumlah suara: 16.176. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU