Meriah, Lomba Patrol Ramadhan Diikuti Ratusan Pelajar dan Karang Taruna Se Kota Mojokerto

author Dwi Agus Susanti

- Pewarta

Kamis, 28 Mar 2024 04:16 WIB

Meriah, Lomba Patrol Ramadhan  Diikuti Ratusan Pelajar dan Karang Taruna Se Kota Mojokerto

i

Pj Wali Kota Ali Kuncoro mendapat sambutan antusias warga saat lomba patrol ramadhan

 

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto kembali mengadakan Lomba Patrol Ramadhan melibatkan ratusan siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK, serta Karang Taruna se-Kota Mojokerto sebagai peserta.

Baca Juga: Respon Cepat Aduan Masyarakat, PJ Ali Kuncoro Sidak TPS Benpas dan TPA Randegan

Pemukulan kentongan oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto M. Ali Kuncoro secara serentak bersama sejumlah tamu VVIP menandai dimulainya Lomba Patrol Ramadhan 2024 pada Rabu (27/3) malam.

Berbeda dengan tahun kemarin, rute lomba patrol tahun ini mengambil start dari Balai Kota Mojokerto menuju jalan Gajah Mada, berbelok ke jalan Taman Siswa, menuju jalan Letkol Sumarjo, jalan A Yani, dan finish di Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto.

Dalam sambutannya, Mas Pj sapaan akrab Ali Kuncoro menuturkan bahwa seni musik patrol telah ada sejak sebelum Indonesia merdeka, untuk itu musik patrol sangat penting untuk terus dilestarikan.

Kesenian patrol juga mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan alat musik lain karena alat musik utamanya hanyalah berupa kentongan yang terbuat dari kayu atau bambu.

“Musik patrol ini salah satu kesenian tradisional yang alunannya mampu menciptakan harmonisasi indah yang memiliki daya tarik khusus, yang bisa mempersatukan masyarakat,” tutur Mas Pj.

Selain itu musik patrol juga kerap digunakan oleh masyarakat sebagai alat membangunkan warga agar segera sahur pada saat bulan Ramadan.

Baca Juga: Realisasi Pajak Kota Mojokerto Naik Signifikan Capai Rp 71,4 Miliar

Untuk itu Ali Kuncoro berharap lomba patrol ini akan menjadi agenda rutin tahunan setiap bulan Ramadan untuk menarik wisatawan melalui event berdampak.

“Saya berharap agenda lomba musik patrol tradisional ini dapat dimasukkan ke dalam agenda rutin tahunan untuk menarik wisatawan datang ke Kota Mojokerto,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Mas Pj juga mengapresiasi para peserta yang telah semangat mengikuti lomba patrol, dan juga kepada segenap pihak yang telah berpartisipasi dalam acara tersebut sehingga acara dapat berlangsung dengan meriah.

Baca Juga: Pimpin Apel Pagi Pasca Libur Lebaran, Pj Ali Kuncoro Ingatkan PR Sudah Menanti

Lomba musik patrol ini diikuti sebanyak 11 kelompok dari gugus SD/MI, 16 kelompok dari gugus SMP/MTs, 8 kelompok dari gugus SMA/SMK, dan 6 kelompok dari gugus karang taruna.

Dari puluhan kelompok peserta tersebut, nantinya akan ditentukan pemenang dari setiap kategori. Masing-masing pemenang Lomba Musik Patrol Ramadhan akan mendapatkan hadiah berupa trofi, piagam, serta uang pembinaan.

Bahkan secara khusus Mas Pj juga akan memberikan tambahan uang pembinaan sebesar 2,5 juta rupiah untuk pemenang pada masing-masing kategori. Dwi



Editor : Redaksi

BERITA TERBARU