Pemkab Sidoarjo Buka Beasiswa untuk 2.000 Penerima

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 31 Mar 2024 20:08 WIB

Pemkab Sidoarjo Buka Beasiswa untuk 2.000 Penerima

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Pemkab Sidoarjo kembali membuka program beasiswa pendidikan tinggi dan beasiswa keagamaan untuk warga Sidoarjo.

Kali ini, kuotanya mencapai 2.000 penerima dengan nominal Rp 5 juta per orang.

Baca Juga: Gus Muhdlor, Seolah Sosok Antikorupsi

Ini merupakan program lanjutan yang sudah berjalan beberapa tahun belakangan. Targetnya, penyaluran beasiswa ini hingga tahun 2026 mencapai 10 ribu penerima. Sehingga, setiap tahun dibagi menjadi 2.000 penerima.

“Para penerima ini berasal dari beberapa kriteria. Termasuk jalur prestasi akademik, prestasi non akademik, jalur keluarga tidak mampu, dan jalur keagamaan,” kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor.

Disebutnya memang beasiswa ini untuk mahasiswa perguruan tinggi. Namun beberapa juga untuk keagamaan, yaitu untuk pengurus yang aktif dalam bidang keagamaan, baik muslim maupun non muslim.

Pemerintah berharap, program beasiswa ini menjadi semangat dan motivasi para generasi muda di Sidoarjo untuk membawa Sidoarjo lebih baik.

“Semangat generasi penerus ini, nantinya akan ikut mengerek Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sidoarjo. Sejak tahun 2021 angka IPM Sidoarjo terus menunjukkan tren kenaikan yang positif,” katanya.

Baca Juga: Kades dan Pimpinan DPRD Sidoarjo Disomasi Pembeli Tanah

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Sidoarjo, Mochammad Hudori mengatakan pendaftaran akan dibuka pada tanggal 16 April dan ditutup 15 Mei 2024.

Selanjutnya, akan dilakukan verifikasi data dan seleksi yang memenuhi kriteria.

“Nanti kami targetkan bulan Juli sudah bisa kami berikan untuk masing-masing penerima beasiswa,” ucapnya.

Baca Juga: Gus Muhdlor Gelar Open House untuk Masyarakat, 15.000 Porsi Makanan Disiapkan

Hudori juga menambahkan, dari total 2.000 penerima itu masing-masing dibagi menjadi kriteria dengan penanggung jawab yang berbeda-beda.

Untuk beasiswa keagamaan dari Kesra kuotanya 500 penerima, kemudian dari Dinas Sosial kuotanya juga 500 yaitu bagi mahasiswa yang tidak mampu.

Selanjutnya, dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sidoarjo dengan kuota 1.000 penerima untuk mahasiswa berprestasi baik akademik maupun non akademik. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU