Tol Surabaya-Mojokerto Ramai Lancar, 92.349 Kendaraan Lintasi Gerbang Tol Warugunung

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Senin, 08 Apr 2024 13:39 WIB

Tol Surabaya-Mojokerto Ramai Lancar, 92.349 Kendaraan Lintasi Gerbang Tol Warugunung

i

Tol Surabaya-Mojokerto terpantau ramai lancar, tidak ada kepandatan yang berarti. SP/ AINI

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H kurang beberapa hari lagi, jalanan Tol Surabaya-Mojokerto ramai lancar, belum ada kepadatan atau penumpukan volume kendaraan.

Tetapi jumlah kendaraan yang melintasi Gerbang Tol (GT) Warugunung mengalami peningkatan yang signifikan.

Baca Juga: Pemprov Jatim Layani Mudik dan Balik Gratis Kepulauan

Menurut Direktur Utama PT Jasamarga Surabaya Mojokerto, D. Hari Pratama, mengungkapkan berdasarkan data terbaru dalam rentang waktu H-7 hingga H-4 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, tercatat sebanyak 92.349 kendaraan menuju Jakarta melalui GT Warugunung.

"Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 29,61% dibandingkan dengan lalu lintas normal pada periode yang sama, yang hanya mencapai 71.250 kendaraan," ujar Hari, saat dikonfirmasi oleh Surabaya Pagi, Senin, (8/4/2024).

Sedangkan untuk kendaraan yang menuju Surabaya melalui GT Warugunung tercatat sebanyak 98.159 kendaraan. "Kenaikan sebesar 37,43% dibandingkan lalu lintas normal yang hanya sebanyak 71.423 kendaraan," imbuhnya.

Meskipun belum terlihat penumpukan atau kepadatan yang signifikan, PT Jasamarga Surabaya Mojokerto telah mengambil langkah antisipasi dengan menambahkan gardu OAB exit GT Warugunung serta gardu reversible entrance GT Warugunung.

Baca Juga: Pemudik Mobil Listrik Merasa Nyaman

"Ada penambahan 1 gardu OAB exit GT Warugunung, dan penambahan 1 gardu reversible entrance GT Warugunung,"

Tak hanya itu, pihaknya juga meningkatkan kapasitas transaksi pada GT Waru 5, dan telah merencanakan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemungkinan kepadatan yang terjadi.

Serta menyiagakan 126 personil yang tersebar dibeberapa titik untuk siap membantu para pemudik.

Baca Juga: Siaga Puncak Arus Mudik 2024: 39 Ribu Penumpang Siap Padati Terminal Purabaya

Selain mempersiapkan diri untuk arus mudik, pihaknya juga telah mengantisipasi kenaikan volume kendaraan saat arus balik. Diperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 15 April 2024.

"Upaya antisipasi yang dilakukan diharapkan arus lalu lintas selama periode mudik dan balik Idul Fitri lancar tanpa hambatan apapun," pungkasnya. Ain

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU