H-2 Lebaran, Volume Sampah di TPA Jabon Naik Hampir 100 %

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 18 Apr 2024 19:20 WIB

H-2 Lebaran, Volume Sampah di TPA Jabon Naik Hampir 100 %

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Volume sampah di TPA Griyo Mulyo Jabon, Sidoarjo naik hampir 100 persen dari rata-rata sampah yang dihasilkan setiap harinya. 

"Untuk volume sampah, meningkat pada dua hari menjelang Lebaran kemarin, tanggal 8-9 April itu rata-rata 800an ton per hari, hampir dua kali dari rata-rata harian sebanyak 400-500an ton," ucap Kepala TPA Griyo Mulyo Jabon, Hajid Arif Hidayat, pada Kamis (18/4/2024).

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Zanariah Ajak Masyarakat Peduli Sampah dan Air di Kota Kediri

TPA Griyo Mulyo, Jabon sempat libur dua hari. Yakni, pada tanggal 10 dan 11 April lalu. Saat kembali beroperasi, pada tanggal 12 April terdapat 194 ton sampah yang masuk. Serta 310 ton di hari berikutnya. 

"Sekarang tidak banyak sampah hal itu dikarenakan banyak TPS atau TPS3R yang belum operasional, kemudian tanggal 15 April, TPS3R sudah mulai beroperasional, sehingga sampah yang masuk mencapai 692 ton," imbuhnya. 

Baca Juga: Dewan Minta Pemkot Surabaya Serius Tangani Pengelolaan Sampah TPA Benowo 

Ia memperkirakan jika angka tersebut akan bertahan hingga beberapa hari kedepan hingga akhirnya menurun di 400-500 ton.

Sementara itu, Kepala Bidang KRTH DLHK Sidoarjo, Heri Santoso mengungkapkan jika selama libur Lebaran petugas kebersihan tetap dikerahkan. Bahkan mereka bekerja seperti biasa selepas salat Ied. 

Baca Juga: Respon Cepat Aduan Masyarakat, PJ Ali Kuncoro Sidak TPS Benpas dan TPA Randegan

"Petugas lapangan DLHK gak ada libur, setelah salat Ied tetap bersih-bersih, termasuk menjaga kebersihan pendopo setelah  open house Bupati Sidoarjo pada Sabtu Minggu kemarin," ujarnya. 

Berdasarkan data DLHK, terdapat 295 personel petugas kebersihan. Mereka membersihkan tumpukan sampah di titik keramaian, khususnya pada fasilitas publik seperti stasiun, terminal, rest area, hingga taman kota. Sd-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU