Pasca Hujan Badai, Dubai Bersihkan Gedung Pakai Drone

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Apr 2024 19:20 WIB

Pasca Hujan Badai, Dubai Bersihkan Gedung Pakai Drone

i

Sejumlah drone tengah menyemprotkan air dan cairan sabun ke kaca gedung-gedung pencakar langit di Dubai. SP/ @theuaereviews 

SURABAYAPAGI, Jakarta - Kota Dubai diterjang hujan badai pada pekan kemarin. Bencana itu melumpuhkan banyak aktivitas di kota yang dikenal dengan kemewahan itu.
Gedung-gedung kantor bocor, apartemen banjir, aliran listrik putus hingga jalan tergenang. Kini Dubai mulai berbenah usai hujan badai yang dahsyat itu.

Ada cara unik yang dilakukan Dubai pasca kejadian itu. Bukan Dubai namanya kalau tidak terkait dengan kemewahan.

Baca Juga: Makin Ngeri! Mampu Terobos Banjir Besar, Mobil Listrik Tesla Dicap ‘Amfibi’

Salah satu cara tak biasa yang dilakukan adalah membersihkan gedung-gedung bertingkat dengan drone. Umumnya, gedung-gedung dibersihkan oleh tenaga manusia yang bergelantungan atau menggunakan crane menjangkau kaca-kaca yang berada di ketinggian. Tapi tidak dengan Dubai.

Seperti yang terlihat dalam video viral yang berseliweran di media sosial, sejumlah drone tengah menyemprotkan air dan cairan sabun ke kaca gedung-gedung pencakar langit di Dubai. Drone ini adalah drone khusus untuk membersihkan bangunan-bangunan tinggi yang sulit dijangkau.

Drone itu naik turun dan menjangkau seluruh bagian kaca yang dibersihkan. Penampakan unik yang jarang terlihat.

Baca Juga: Diguyur Hujan Sejak Awal Ramadhan, Warga Lamongan Was-was Banyak Pohon Tumbang di Jalan

Ditelusuri lebih jauh, bisnis ini memang berkembang di Dubai. Salah satu perusahaan penyedia jasa itu adalah GIS Drones. Perusahaan yang didirikan sejak 2020 ini mengklaim sebagai penyedia jasa drone beroperasi di Uni Emirat Arab dan Timur Tengah.

Perusahaan ini banyak menawarkan layanan yang bisa dilakukan dengan drone, salah satunya adalah pembersihan gedung.

"Di GIS Drones, kami dengan bangga menawarkan solusi inovatif dan mutakhir untuk layanan pembersihan gedung dengan drone. Layanan pembersihan drone kami menyediakan cara unik dan efektif untuk membersihkan gedung bergengsi, properti komersial besar, dan area yang sulit dijangkau," tulis GIS dalam situs resminya.

Baca Juga: Tanam Kedelai Pakai Drone, Kadistan Jatim: Petani Hemat Biaya dan Waktu

Seperti diketahui, pada pekan kemarin Dubai diterjang hujan badai nan lebat. Apartemen, perumahan tergenang banjir karena curah hujan yang dahsyat. Belum lagi aliran listrik terputus membuat Dubai sempat gelap gulita.jk/ana

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU