Home / Ekonomi dan Bisnis : Jadikan THR Mall Sebagai Pusat Perdagangan

Wakil Ketua DPRD Surabaya Sambut Delegasi Perdagangan dari Tiongkok

author Al Qomaruddin

- Pewarta

Kamis, 25 Apr 2024 18:35 WIB

Wakil Ketua DPRD Surabaya Sambut Delegasi Perdagangan dari Tiongkok

i

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya AH Thony. AH. Thony menyambut kedatangan 14 tamu spesial dari kota ZhengZhou Henan, Tiongkok. 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Hidup segan matipun tak mau, ungkap tersebut yang pas untuk menggambarkan kondisi Hi-Tech Mall dan Taman Hiburan Rakyat (THR) saat ini. THR merupakan aset Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang mempunyai potensi besar dalam pemasukan PAD (Pendapatan Asli Daerah) untuk Surabaya. 

Sadar akan potensi THR ini dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi Surabaya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya terus membuka kerjasama dengan berbagai pihak demi kemajuan bersama. 

Baca Juga: Kolaborasi Harmoni Aksara Jepang dan Jawa di Surabaya

Salah satu yang menyambangi kantor DPRD Surabaya adalah perwakilan PT Indonesia Mandarin Export Xentra (IMEX). Perusahaan tersebut sebagai wujud delegasi dagang kota ZhengZhou Henan, Tiongkok. 

Kedatangan 14 tamu spesial dari Tiongkok ini langsung disambut Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya AH Thony. AH. Thony mengatakan, pertemuan itu dalam rangka membahas kemungkinan dilakukannya kerjasama yang saling menguntungkan. Salah satunya dalam pengelolaan keberadaan Taman Hiburan Rakyat (THR) mall.

AH. Thony menjelaskan, THR mall yang dulu dikenal sebagai Hi-Tech Mall kondisinya cukup memprihatinkan sejak lima tahun lalu. Penyewa disana makin meninggalkan stand-nya karena sepi pembeli. Aset daerah itu harus dimanfaatkan agar tak menimbulkan kerugian negara.

“Untuk itu, kami mencoba membuat skema terobosan agar THR Mall hidup kembali dan jadi pusat perdagangan besar,” ungkap AH. Thony, Kamis (25/4).

AH. Thony menjelaskan, kehadiran mereka untuk membantu Pemkot dalam menyelesaikan persoalan Hi-Tech Mall yang sudah 5 tahun tidak beroperasi karena situasi ekonomi memburuk dan para pengusaha tidak punya nyali untuk menyewa stand di sana.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya Inisiasi Sandingkan Budaya Global Jepang Jawa

"Kalau dibiarkan lama kita dikira membiarkan dan menimbulkan kerugian negara. Kita coba untuk skema terobosan dengan sewa 1 tahun, karena dulu sewa itu 30 tahun. Ini 1 tahun baru bisa jalan dan seterusnya," kata AH. Thony.

AH. Thony melanjutkan, salah satu terobosan dengan membuat kebijakan sewa satu tahun. Dengan begitu, penyewa stand bisa dikumpulkan dan mereka bisa melihat secara nyata prospek di tempat itu. Hal ini berbeda dengan kebijakan dahulu yang menetapkan jangka sewa cukup panjang.

Perwakilan IMEX, Lunardi Wijaya, mengatakan bahwa pihaknya melihat kesempatan dan potensi besar di THR Mall. Terobosan bakal terus dilakukan pihaknya. Yakni, dengan menjadikan THR Mall sebagai pusat perdagangan. Terutama untuk elektronik dan kebutuhan rumah tangga.

“Banyak barang bakal kami jual disana. Mulai dari elektronik rumah tangga hingga barang lain dengan teknologi terkini. Seperti sepeda listrik, komputer terbaru, atau barang lain,” ungkap Lunardi. Saat ini, kerjasama itu sudah masuk tahap realisasi. Barang-barang yang bakal dibawa ke THR Mall telah dipersiapkan.

Baca Juga: THR Dapat Dongkrak Produktivitas dan Industri Rumah Tangga

Bersama DPRD khususnya AH Thony, ia melihat optimisme dalam pengelolaan THR Mall. Terlebih, Thony sangat menyambut baik kedatangan mereka. Hal itu makin memberikan harapan bagi pihaknya untuk merealisasikan THR Mall yang hidup dan berjaya kembali.

AH. Thony berharap, jika kerjasama tersebut berjalan, Hi-Tech Mal bisa menjadi tempat perdagangan lintas negara atau world trade center (WTC). Untuk itu, pihaknya mendorong pemkot agar memanfaatkan betul kehadiran para delegasi dari China ini.

"Jangan sampai apa yang kita bangun justru mati. Kita bisa bersinergi dan industri rumah tangga mendapat produk yg lebih murah. Sudah pasti kita punya feeling baik dan akan direalisasikan cepat. Kami dewan sudah membuka pintu dan pemkot membuka pintu untuk mereka. Kami tidak menangani detail. Harapan kami jangan sia-siakan usahakan kami, karena ini bentuk usaha serius kami," pungkasnya. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU