‘Sport Tourism’ Kota Malang Jadi Alternatif Dongkrak Sektor Pariwisata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 02 Mei 2024 14:19 WIB

‘Sport Tourism’ Kota Malang Jadi Alternatif Dongkrak Sektor Pariwisata

i

Ilustrasi. Kegiatan bersepeda menjadi salah satu sport tourism atau wisata olahraga yang mendongkrak perekonomian sektor pariwisata Kota Malang. SP/ MLG

SURABAYAPAGI.com, Malang - Kegiatan sport tourism atau wisata olahraga di Kota Malang menjadi salah satu seperti melalui ajang bersepeda bertajuk Rolling Into 110 Years: Join Malang's Bike Festivity pada 1 Mei 2024, diharapkan mampu mendongkrak sektor pariwisata.

Berdasarkan data Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Malang, pada 2024 ditargetkan 3,35 juta wisatawan berkunjung ke wilayah Kota Malang. Angka tersebut, naik 10 persen dari total jumlah kunjungan wisatawan sepanjang 2023 yang sebanyak 3,05 juta orang.

Baca Juga: Gaya Hidup Baru Menteri, Sport Tourism

Pada 2023, tercatat dari total 3,05 juta kunjungan wisatawan ke Kota Malang tersebut, terbagi dari 3 juta orang merupakan wisatawan nusantara, sementara untuk wisatawan mancanegara sebanyak 48.358 kunjungan.

"Bersyukur sekali event ini tidak hanya diikuti pesepeda dari Kota Malang atau Jawa Timur. Tapi juga ada yang berasal dari Bali dan Kalimantan. Dengan mereka datang ke sini akan bisa mengenal Kota Malang, baik dari wisata dan lainnya," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Wahyu Hidayat di Kota Malang, Kamis (02/05/2024).

Menurutnya, dengan komitmen Kota Malang untuk mengembangkan sport tourism tersebut, diharapkan juga akan berdampak pada sektor ekonomi seperti adanya peningkatan kunjungan hotel serta destinasi kuliner dan wisata di Kota Malang.

Baca Juga: Gaya Hidup Baru Menteri, Sport Tourism

"Mudah-mudahan nanti lebih banyak event yang mendukung sport tourism, tidak hanya bersepeda," katanya.

Dengan kondisi tersebut, akan lebih banyak wisata olahraga yang bisa dinikmati oleh masyarakat di wilayah Kota Malang. Diharapkan, wilayah Kota Malang semakin dikenal dan ada kunjungan wisatawan secara berkelanjutan.

"Para peserta bisa mengunjungi Kota Malang lagi, menikmati kuliner dan aneka wisata yang ada. Dengan demikian jumlah kunjungan kita meningkat, perputaran ekonomi juga meningkat," sambungnya.

Baca Juga: TNBTS Siapkan Penambahan Kuota Kunjungan Wisata ke bromo

Selain itu, tambahnya, ajang bersepeda tersebut juga diharapkan menjadi motivasi bagi masyarakat Kota Malang untuk menggiatkan olahraga. Hal itu bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dengan memiliki fisik yang kuat.

"Bukan hanya untuk merayakan sejarah panjang Kota Malang dengan berbagai capaian pembangunannya, tetapi menjadi komitmen kita untuk menjaga lingkungan dan kesehatan," katanya. mlg-02/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU