SOMA Nite Run Sukses Besar, UMKM Panen Untung

author Dwi Agus Susanti

- Pewarta

Minggu, 05 Mei 2024 11:36 WIB

SOMA Nite Run Sukses Besar, UMKM Panen Untung

i

SOMA Nite Run 2024 bawa berkah bagi puluhan UMKM Kota Mojokerto

 

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Kemeriahan Spirit Of Majapahit (SOMA) Nite Run 2024 yang diikuti 5.000 peserta dari penjuru Jawa Timur, di Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto pada Sabtu (4/5) malam. Membawa berkah tersendiri bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat.

Baca Juga: Harkitnas, Pj Wali Kota Mojokerto Motivasi Masyarakat Bangkit dan Optimis

Pada gelaran SOMA Night Run 2024 tadi malam. Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto memfasilitasi 30 stand gratis kepada 60 UMKM lokal untuk bisa menghadirkan jajanan dan produk dagangan mereka di sekitar lokasi acara.

“Event ini tidak hanya menghadirkan local wisdom atau kearifan lokal yang digabungkan dengan trend kekinian olahraga lari malam malam. Tapi bagaimana event ini berdampak bagi masyarakat, salah satunya bagi perekonomian UMKM lokal,” terang Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto M. Ali Kuncoro yang juga Kepala Dispora Provinsi Jatim tersebut.

Tidak hanya dipadati ribuan pelari, gelaran SOMA Night Run yang diinisiasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jatim bekerja sama dengan Pemkot Mojokerto tadi malam juga diramaikan oleh ribuan masyarakat yang hadir ingin menyaksikan hiburan gratis yakni penampilan penyanyi ternama, Gilga Sahid.

Sontak, area Alun-alun Wiraraja dan jalan Mojopahit sisi utara menyemut dipadati massa. Para pelaku UMKM pun mengaku dengan adanya event SOMA Nite Run 2024 ini omset penjualan mereka meningkat hingga dua kali lipat. 

Baca Juga: Hari Keluarga Internasional, Pj Ketua TP PKK Nia Wayanti Kuncoro Tekankan Pentingnya Peran Keluarga

“Saya sebelumnya berjualan es jus dan es buah di jalan Niaga dan di Suromulang, Memang kalau dihitung-hitung, kalau ada event seperti ini keuntungan saya ada lah naik dua kali lipat lebih,” ungkap Anik, pelaku UMKM setempat.

Tak hanya Anik, pedagang kuliner lainnya Kurniati yang sehari-hari berjualan dimsum, ayam korea dan sempol di Benteng Pancasila mengaku turut merasakan hal yang serupa. 

“Kalau jualan biasa penjualan paling Rp. 500 sampai Rp. 550 ribu perhari, kalau ada event gini ya bisa lah dua kali lipat tidak sampai sehari,” ungkapnya.

Baca Juga: Ini Pesan Pj Ali Kuncoro Jelang Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Kota Mojokerto

Oleh karena itu, ia berharap kedepan agar Pemkot Mojokerto lebih sering mengadakan event serupa yang mendatangkan masyarakat banyak.

“Ya semoga Pemkot Mojokerto sering-sering mengadakan event-event seperti ini, membantu perekonomian pelaku UMKM,” imbuhnya. Dwi

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU