Surabaya Jadi Tuan Rumah Laga Piala AFF U-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 12 Mei 2024 18:44 WIB

Surabaya Jadi Tuan Rumah Laga Piala AFF U-19

i

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). SP/SURA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Kota Pahlawan kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola internasional bergengsi, yaitu Piala AFF U-19. Turnamen ini akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Stadion Gelora 10 Nopember (G10N) pada 17-29 Juli 2024.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengungkapkan rasa syukur atas kepercayaan yang diberikan kepada kotanya. Maka dari itu, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mendukung Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam laga Piala AFF U-19 nanti. 

Baca Juga: Bantaran Kali Surabaya Jadi Sarang Bangunan Liar, BRUIN: Diduga Ada Mafia Tanah

“Alhamdulillah Surabaya kembali dipercaya menjadi tuan rumah pertandingan olahraga bertaraf internasional,” ujar Eri, Minggu (12/5).

Eri menjelaskan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk perbaikan Stadion G10N. “Ada dua stadion yang akan digunakan, Stadion GBT dan Stadion G10N. Karena itu kita akan segera memperbaiki Stadion G10N, untuk melakukan pengecatan sekaligus tempat duduknya, karena ada beton-beton yang harus kita lapisi kembali,” terang Eri.

Selain Piala AFF U-19, Surabaya juga akan menjadi tuan rumah Proliga 2024 yang akan digelar di GOR Stadion GBT pada 4-7 Juli 2024. Bahkan, ASEAN University Games (AUG) ke-XXI 2024 juga akan dilangsungkan di Kota Pahlawan.

“Surabaya semakin banyak dipercaya oleh semua pihak, karena apa? Setiap ada pertandingan di Surabaya selalu penuh (penonton), ini menunjukkan bahwa Surabaya adalah kota olahraga,” kata Eri.

Baca Juga: Menolak Bungkam: Koalisi Masyarakat dan Pers Surabaya Gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran

Eri pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Surabaya atas dukungannya.

“Saya matur nuwun kepada warga Surabaya, karena tanpa ada rasa kekeluargaan dan toleransi yang tinggi maka kita bisa dipercaya baik nasional maupun internasional untuk digelar di Surabaya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Hidayat Syah, memastikan bahwa Stadion GBT dan Stadion G10N siap untuk digunakan.

Baca Juga: Wali Kota Eri Tetap Evaluasi Surabaya Vaganza 2024

“Yang di Tambaksari (Gelora G10N) hanya butuh pengecatan saja, kalau yang di Stadion GBT ready semua,” kata Hidayat.

Disbudporapar Surabaya juga telah menyiapkan beberapa lapangan latihan, seperti Lapangan Thor Gelora Pancasiladan lapangan A, B, dan C di Stadion GBT.sb/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU