Cegah Bunuh Diri, Dukungan Orang Sekitar Penting

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 12 Mei 2024 18:54 WIB

Cegah Bunuh Diri, Dukungan Orang Sekitar Penting

i

Perlunya dukungan masyarakat sekitar terhadap orang-orang yang mengalami depresi, sehingga mencegah mereka menyakiti dan bunuh diri.

SURABAYAPAGI, Jakarta - Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nahar mengatakan perlunya dukungan masyarakat sekitar terhadap orang-orang yang mengalami depresi, sehingga mencegah mereka menyakiti dan bunuh diri.

Belajar dari kasus di Penjaringan, Jakarta Utara, butuh kewaspadaan untuk melakukan pencegahan yang melibatkan peran serta masyarakat. Ketika ada tanda-tanda orang mengalami depresi, maka disarankan untuk berkonsultasi. "Kalau ada keluarga-keluarga yang perlu dukungan untuk menguatkan keluarga itu, harusnya dilakukan," kata Nahar.

Baca Juga: Pria 56 Tahun Ditemukan Tewas di Atas Rel KA

Nahar juga meminta pihak kepolisian untuk mendalami motif kasus semacam itu. Karena belajar dari kasus-kasus lain di Surabaya, Malang, dan Yogyakarta, motifnya beda-beda. Dari ekonomi, ideologi, sampai motif lainnya.

Baca Juga: Warga Pamekasan Kendat, Motif Masih Misterius

"Dan itu masalah yang berpotensi dihadapi keluarga-keluarga," kata Nahar.

Baca Juga: Dua Hari Tinggalkan Rumah, IRT di Blitar Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan

Sebelumnya, satu keluarga yang terdiri atas pria berinisial AE (50), perempuan berinisial AIL (52), anak laki-laki berinisial JWA (13), dan anak perempuan berinisial JL (16), tewas usai melompat dari lantai 22 Apartemen Teluk Intan Tower Topas, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Sabtu (9/3).hlt/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU