Calon Menkeu Pengganti Sri Mulyani, Profesional, Antikorupsi dan Berani

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 13 Mei 2024 20:16 WIB

Calon Menkeu Pengganti Sri Mulyani, Profesional, Antikorupsi dan Berani

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, Budiman Sudjatmiko, mulai bocorkan calon menteri keuangan (menkeu) era pemerintahan Prabowo-Gibran, pengganti Sri Mulyani.

"Yang saya tangkap, Pak Prabowo komitmennya adalah yang antikorupsi, yang berani, yang berpikirnya terobosan, gitu. Pak Prabowo ingin benar-benar memastikan, keresahan beliau kan ini semua program baik ini, alokasi anggaran yang besar ini, akan sia-sia kalau eksekutornya korup. Nah itu concern Pak Prabowo saat ini," kata Budiman, kepada wartawan, Senin (13/5/2024).

Baca Juga: TKN Isyaratkan Ada Pimpinan Parpol Rivalnya akan Gabung

Budiman menilai kursi menkeu akan diisi oleh kalangan profesional nonpartai.

"Kemenkeu saya pikir profesional. Saya kira semua kementerian adalah profesional, baik partai atau nonpartai. Bisa saja partai-partai mengajukan nama-nama, tapi pada akhirnya yang menentukan presiden," tambah Budiman.

 

Baca Juga: Tim Hukum Anies-Ganjar Gabung, TKN Prabowo tak Khawatir

Antikorupsi dan Berani

Menurut Budiman, Prabowo menghendaki sosok anak buah yang antikorupsi dan berani. Dia menyebutkan Prabowo memiliki keresahan bahwa program-program yang diusungnya akan sia-sia jika eksekutornya koruptif.

Baca Juga: Meski Divonis DKPP, Pakar Hukum: Status Pendaftaran Paslon Prabowo-Gibran Tetap Legal

Budiman tak banyak menjelaskan alasan prediksinya soal kursi menkeu diisi kalangan profesional nonpartai. Menurutnya, hal itu sudah menjadi tradisi di pemerintahan-pemerintahan sebelumnya.

"Saya kira tradisi sudah lama juga sudah seperti itu ya tradisinya. Menurut saya tradisinya seperti itu," kata dia. n jk/erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU