Ini Pesan Pj Ali Kuncoro Jelang Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Kota Mojokerto

author Dwi Agus Susanti

- Pewarta

Selasa, 14 Mei 2024 15:06 WIB

Ini Pesan Pj Ali Kuncoro Jelang Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Kota Mojokerto

i

Pj Wali Kota Ali Kuncoro imbau jaga kesehatan kepada para CJH

 

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Jelang pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Mojokerto pada 27 Mei 2024 mendatang, Pemkot Mojokerto meghimbau agar para JCH senantiasa menjaga kesehatan.  

Baca Juga: Keren, Pemkot Mojokerto Gelar Pelatihan Public Speaking dan Content Creator

"Tolong selalu dijaga kesehatannya agar selalu fit. Sehinggga hari H pemberangkatan maupun selama beribadah di Arab Saudi, insyaAllah bisa berjalan lancar," ujar Pj Wali kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro, Selasa (14/5).

Mengingat dalam menunaikan serangkaian ibadah haji menekankan pada kekuatan fisik. Salain itu, kondisi suhu yang tinggi, diperkirakan mencapai 40 derajat celcius juga menjadi tantangan bagi JCH asal Indonesia.

"Pemerintah juga menyiapkan tenaga kesehatan haji. Dari Kota Mojokerto, kami memberangkatkan satu dokter dan satu perawat untuk membantu jemaah," tambah sosok yang akrab disapa Mas Pj ini.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kesehatan PPKB dr. Farida Mariana juga menganjurkan agar para JCH memperbanyak exercise atau latihan fisik ringan seperti jalan kaki.

Baca Juga: Lepas 145 CJH, Pj Wali Kota Mojokerto Do'akan Jadi Haji Mabrur

"Tapi sekuatnya, sesuai kondisi masing-masing jemaah. Misalnya jika punya penyakit jantung, hipertensi, itu tentu disesuaikan dengan kondisi masing-masing," terangnya.

Berikutnya, sosok yang juga terpilih sebagai TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia) tahun ini juga menghimbau agar JCH memperhatikan asupan makanan bergizi, menambah konsumsi banyak sayur dan buah, serta minum air minimal dua liter.

Makanan yang berpotensi mengganggu sistem pencernaan harus dihindari. Seperti terlalu pedas, tinggi lemak, gula, garam, dan menghasilkan gas seperti sayur kol, durian, soda. Sehingga menjelang berangkat tidak ada gangguan pencernaan.

Para JCH juga diharapkan membawa kebutuhan obat pribadi masing-masing. Mengingat, jenis obat pribadi spesifik yang dibutuhkan tersebut belum tentu disediakan oleh pemerintah atau bisa didapatkan di Arab Saudi.

Baca Juga: Tim Verifikasi Nasional Kunjungi Kampung KB Kanjeng Djimat Kota Mojokerto

"Kami juga menyiapkan vitamin untuk masing-masing JCH Kota Mojokerto. Satu strip isi 10 biji, harus diminum sebelum puncak haji, Armuzna (red: Arafah, Muzdalifah, dan Mina)," pungkasnya. Dwi

 

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU