BBKK Surabaya Pastikan Kondisi Kesehatan Jemaah Haji Tertua 109 Tahun Laik Terbang

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Rabu, 15 Mei 2024 18:39 WIB

BBKK Surabaya Pastikan Kondisi Kesehatan Jemaah Haji Tertua 109 Tahun Laik Terbang

SURABAYAPAGI, Surabaya - Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Kota Surabaya memastikan bahwa Hardjo Miskan, jemaah haji tertua yang berada di Embarkasi Surabaya dengan usia 109 tahun, dalam kondisi laik terbang.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala BBKK Surabaya, Rosidi Roeslan, setelah melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terhadap pria yang akrab disapa Miskan asal Ponorogo itu.

Baca Juga: Festival Surabaya Pestapora, Etawalin Dorong Gaya Hidup Sehat Untuk Anak-anak

"Tadi kebetulan kloter 19 umurnya 109 tahun. Kita temui bahwa beliau dalam kondisi laik terbang," ujar Rosidi saat ditemui di Gedung Shofa, Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), pada Rabu (16/5/2024).

Hasil medical check up yang dilakukan oleh tim kesehatan Embarkasi Surabaya menunjukkan kondisi kesehatan Miskan yang sangat baik. Saturasi oksigen Mislan mencapai 100 persen, suhu tubuh normal, serta denyut nadi dan kondisi kesehatan lainnya juga cukup stabil.

Baca Juga: Solid, Ratusan Kader PDI-PJatim Hadiri Rakernas di Jakarta

"Mengingat kondisi kesehatan Miskan yang cukup bagus, tim kesehatan tidak menambahkan obat khusus apapun. Kami hanya memberikan vitamin untuk meningkatkan kesehatannya selama di sana," ungkapnya.

Rosidi juga menekankan pentingnya menjaga pola istirahat dan menghindari kelelahan, terutama mengingat suhu cuaca yang cukup terik di Mekkah. Keberuntungan bagi Miskan, ia tidak sendiri dalam menjalani ibadah haji ini. Miskan ditemani oleh anak, menantu, dan besannya.

Baca Juga: Semarak HLUN ke 28, Dinsos Jatim Sajikan 'Sate Lansia' di Tujuh Kabupaten

"Kita juga mengingatkan agar pendamping Mislan lebih tanggap dalam pengawasan, terutama saat pergi ke toilet atau berjalan. Meski bisa berjalan sendiri, tetap harus didampingi untuk menghindari risiko jatuh, karena fraktur sering terjadi di Embarkasi sini," tandasnya.

Seperti yang diketahui, Jemaah Haji tertua berasal dari Ponorogo itu, bersama keluarganya tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada Rabu (15/5/2024) pukul 08.00 WIB dan dijadwalkan terbang ke Madinah pada 16 Mei pukul 06.30 WIB. Ain

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU