Home / Peristiwa : Jelang World Water Forum (WWF) ke 10 di Bali

Kapolda Perketat Pengamanan di Banyuwangi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 15 Mei 2024 19:22 WIB

Kapolda Perketat Pengamanan di Banyuwangi

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Personel gabungan melakukan apel gelar pasukan bagian dari pengamanan World Water Forum (WWF) ke 10 di Bali. Kegiatan tersebut berpusat di area parkir Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, menyebut akan melakukan pengetatan pengamanan di Banyuwangi. Langkah ini dilakukan lantaran Banyuwangi salah satu pintu masuk menuju Bali.

Baca Juga: Tak Hanya Meneror, Adi Pradita Juga Edit Foto Teman Wanita SMP-nya Jadi Bugil

“Kita pastikan seluruh jajaran dan kesiapan personel dalam rangka pengaman imbangan WWF ke 10. Insya Allah kurang lebih 10 hari untuk melakukan tugas-tugas pencegahan, preentif khususnya pendatang yang akan ke Bali melalui Jawa Timur yang kita amankan di sini,” ungkap Irjen Pol Imam Sugianto, usai apel gelar pasukan di Pelabuhan Tanjungwangi, Rabu (15/5/2024).

Selain penambahan personel, ada penguatan keamanan di sejumlah titik pelabuhan. Pantauan pengamanan tidak hanya untuk pelabuhan besar, tapi juga pelabuhan rakyat.

“Keterlibatan personel di sini sekitar 500 personel di luar personel yang sering bertugas di sini. Penambahan pengamanan kita tambah CCTV. Yang perlu kita perkuat pemantauan dan pengawasan di 14 titik pelabuhan rakyat, pelabuhan kecil,” terangnya.

Baca Juga: Jutaan Pil Koplo dan Ekstasi Diproduksi Arek Suroboyo di Kertajaya Indah Timur

Imam Sugianto juga menyebut, petugas akan melakukan pemeriksaan bagi calon penumpang yang akan menyeberang ke Bali. Pemeriksaan meliputi barang bawaan penumpang, namun tidak termasuk surat-surat kendaraan.

“Yang terpenting sepanjang jalur menuju Banyuwangi. Bagi siapapun masyarakat yang akan menyebrang ke Bali mungkin waktunya agak tersita diki, karena kita akan lakukan pemeriksaan terhadap barang-barang yang dibawa. Saya menghimbau ke masyarakat jika tidak ada kegiatan yang kira-kira tidak ada kepentingan yang perlu banget tidak usah menyeberang ke Bali,” jelasnya.

Baca Juga: Jelang Libur Panjang Waisak, Pengamanan WWF Dilipat Gandakan

Kabupaten Banyuwangi, kata dia, menjadi daerah pengamanan imbangan untuk pagelaran WWF. Menjadi pintu masuk bagi warga Jawa yang hendak menuju ke Bali, posisi Banyuwangi dianggap cukup krusial.

Pagelaran WWF bakal diikuti oleh perwakilan 170 negara dan akan dihadiri sekitar 49 kepala negara. Bn-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU