Sekwan Se-Indonesia Kembali Pilih Aris Wibawa Pimpin DPN Asdeksi

author Muhajirrin

- Pewarta

Sabtu, 18 Mei 2024 19:41 WIB

Sekwan Se-Indonesia Kembali Pilih Aris Wibawa Pimpin DPN Asdeksi

i

Aris Wibawa saat menyampaikan sambutanya usai terpilih kembali sebagai Ketum Asdeksi. SP/IST

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Drs. Aris Wibawa, M.M sekretaris dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Lamongan, kembali terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Sekertaris DPRD Seluruh Indonesia (Asdeksi), dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke VIII di Hotel Millenium Jakarta, 15-18 Mei 2024.

Aris panggilan akrabnya dipilih secara aklamasi oleh pemilik suara, untuk memimpin kedua kali DPN Asdeksi periode 2024-2027, yang membawahi 508 anggota sekwan seluruh Indonesia, dengan 37 Koordinator Daerah (Korda) yang tersebar di seluruh Provinsi.

Baca Juga: Meski Lapak Hewan Kurban di Lamongan Menurun, Disnakeswan: Masih Surplus

Usai terpilih, ketua umum dikukuhkan oleh Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd, Kepala Badan Strategis Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri mewakili Sekjen Kementerian Dalam Negeri.

Kegiatan Munas selain memilih ketum, juga digelar seminar nasional dengan teman "Peran strategis sekwan menyambut anggota DPRD hasil pemilu tahun 2024, dan upaya menjaga hubungan yang harmonis antara kepala daerah, dan DPRD dalam menghadapi kontestasi pilkada serentak 2024".

Aris Wibawa saat dihubungi surabayapagi.com, membenarkan dirinya kembali di terpilih secara aklamasi untuk kepimpinan sampai 3 tahun ke depan. "Iya saya kembali dapat amanah untuk memimpin Asdeksi hingga 2027 ke depan, semoga saya bisa amanah menjalankan mandat ini," katanya Sabtu, (18/5/2024) disela-sela penutupan Seminar dan Munas.

Lompatan besar yang dilakukan Aris panggilan akrabnya, tentu tidak melewati proses instan. Ia melalui jalan terjal dan berliku untuk sampai di titik saat ini.

Diawali sebagai anggota hingga Ketua Koordinator Daerah (Korda) Asdeksi Jawa Timur pada 2017, sepak terjangnya melejit hingga ke tingkat nasional.

"Saya dari nol mas. 2017 masih di Korda Jatim, setahun setelahnya (2018) bergabung kepengurusan nasional sebagai Ketua Bidang Organisasi dan Kelembagaan, barulah Munas 2021 jadi Ketua 1. Kemudian Sekjen, pada Juni 2022 dipilih sebagai ketum Asdeksi, dan Alhamdulillah sekarang menjadi ketua umum lagi," jelasnya.

Meski menempati posisi sentral, tak lantas membuat Aris larut dalam euforia. Ia merasa memiliki beban moril untuk segera bisa mencari solusi memecah sejumlah problem.

Baca Juga: Ada 1.500 Anak di Laren Ikuti Gebyar Prasiaga PAUD

"Saat itu fokus prioritas, memperjuangkan kelas jabatan dan tambahan penghasilan pegawai (TPP) lingkup Sekwan DPRD seluruh daerah," ujarnya.

Untuk masalah teknis, Aris mengaku ingin berbagi tips cara yang dilakukanya di Lamongan agar bisa diadopsi daerah lain. Seperti komunikasi lintas instansi, manajemen konflik, hingga sistem publikasi.

"Selain itu juga ada agenda workshop dan pembekalan dengan pemateri kementerian maupun pejabat publik. Ia juga meminta agar sekwan bisa sinergi dan kolaboratif," paparnya.

Baca Juga: Survei PSDK Unisda, Selain Berpendidikan Warga Inginkan Pemimpin dari Kalangan Santri dan Pesantren

Sebagai informasi, Asdeksi berdiri di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Asdeksi sendiri adalah suatu organisasi profesi yang Anggota dan Pengurusnya berasal dari Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia.

Dan sampai saat ini telah ada 508 Anggota sesuai dengan jumlah Kabupaten/Kota termasuk hasil pemekaran daerah tahun 2008.

Sekedar diketahui, sejumlah jabatan eselon III dan II pernah diemban oleh Aris Wibawa di lingkungan Pemkab Lamongan.

Mulai dari Kasubag Pemberitaan, Kasubbag Rumah Tangga, Kasubbag Protokol, Kasubbag Pemberitaan, Kabag Humas dan Protokol, Camat Solokuro, Kabag Humas & Infokom Asisten Administrasi Setda, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan & Koperasi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan. Pernah juga diamanahi sebagai Direktur Wisata Bahari Lamongan. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU