OIKN dan INA Jalin Kolaborasi, Tarik Investasi ke IKN

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Mei 2024 19:52 WIB

OIKN dan INA Jalin Kolaborasi, Tarik Investasi ke IKN

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Indonesia Investment Authority (INA) menjalin kolaborasi untuk menarik investasi global ke IKN.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyambut baik kerja sama dengan INA untuk hal ini. Bambang menilai, kerja sama ini memanfaatkan jaringan global yang telah dibangun oleh INA dan proyek pengembangan strategis dari Otorita IKN untuk mendorong investasi ke IKN.

Baca Juga: IKN Kisruh

"Penandatanganan kerangka kerja sama dengan INA ini merupakan kelanjutan dari arahan Presiden agar INA dapat memfasilitasi Otorita IKN dalam merealisasikan investasi asing di IKN,” ujar Bambang Susantono di Bali, Minggu (19/5).

OIKN menggandeng INA untuk meningkatkan pembangunan ekonomi di Indonesia, khususnya di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca Juga: Bangun Ruang Hijau di IKN

Penandatanganan dokumen kemitraan strategis ini dilaksanakan pada Minggu (19/5) di Bali. Kegiatan penandatanganan tersebut juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono, dan Anggota Dewan Direktur Indonesia Investment Authority, Arief Budiman.

Kemitraan strategis yang diresmikan melalui penandatanganan Kerangka Kerja Sama atau Cooperation Framework (CF) ini bertujuan untuk menarik investasi global ke IKN. Dengan luas lebih dari 250.000 hektare, Nusantara direncanakan akan menjadi 'kota kelas dunia untuk semua' pada 2045.

Baca Juga: Destinasi Alam dan Festival Musik Bakal Genjot Pariwisata Berkelanjutan di IKN

“Nanti, akan ada penyerahan Letter to Proceed (LTP) dari Otorita IKN ke Masdar yang akan diserahkan di depan Menko Marves dan Menteri Energi dan Infrastruktur United Arab Emirates (UAE). Ini merupakan langkah maju dalam realisasi investasi asing di IKN melalui skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha),” kata Bambang.

Dia juga menyebut, dengan menggabungkan sumber daya dan keahlian kedua pihak (Otorita IKN dan INA), kemitraan ini bertujuan untuk mengembangkan Nusantara, yang memiliki luas sekitar tiga setengah kali lebih besar dari Singapura dan empat kali lebih besar dari Jakarta, sebagai pusat ekonomi yang dinamis dan berkelanjutan. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU