GoTo Ubah Sejumlah Jajaran Direksi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 20 Mei 2024 19:42 WIB

GoTo Ubah Sejumlah Jajaran Direksi

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan sejumlah agenda penting yang akan dimintakan persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan digelar pada Selasa 11 Juni 2024. Hal itu tertuang dalam dokumen Panggilan RUPST-RUPSLB GOTO yang disampaikan dalam Keterbukaan Informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Senin ini, 20 Mei 2024.

Terdapat tujuh agenda RUPST dan 10 agenda RUPSLB, yang dalam hal ini butuh persetujuan pemegang saham independen dalam RUPSLB. Berdasarkan dokumen tersebut, salah satu agenda penting RUPSLB adalah usulan jajaran dewan komisaris dan direksi yang baru untuk menggantikan sejumlah pengurus lama yang berakhir masa jabatannya pada penutupan RUPST tahun 2024 ini.

Baca Juga: GOTO Buyback Saham Rp 3,2 T

Agenda selanjutnya adalah usulan skema pembelian kembali (buyback) saham yang telah diumumkan sebelumnya. Untuk jajaran dewan komisaris, manajemen mengusulkan pengangkatan kembali Dirk Van den Berghe sebagai Komisaris Independen, Garibaldi Thohir sebagai Komisaris, dan Wishnutama Kusubandio sebagai Komisaris.

Manajemen juga mengajukan persetujuan atas pengunduran diri Andre Soelistyo sebagai Komisaris dan Deputy Chairman karena akan fokus pada minat lain.

“Perseroan telah menerima surat pengunduran diri Bapak Andre Soelistyo dari jabatannya selaku Komisaris tertanggal 17 Mei 2024,” tulis manajemen GOTO, dalam keterbukaan informasi BEI.

Baca Juga: LaNyalla, Minta Bisnis GoTo Diungkap, Diduga Rugikan Negara Rp 6,4 Triliun

Adapun yang terbaru, manajemen mengusulkan pengangkatan tokoh auditor dan pasar modal, John A. Prasetio sebagai Komisaris Independen untuk menggantikan Robert Holmes Swan yang berakhir masa jabatannya.

John memiliki pengalaman luas di berbagai bidang, termasuk sebagai Chairman Ernst & Young Indonesia dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia. Saat ini John juga menjabat sebagai Komisaris Utama Bursa Efek Indonesia, serta berperan sebagai penasihat di beberapa institusi. Sementara itu, William Tanuwijaya, pendiri Tokopedia, juga berakhir masa jabatannya sebagai Komisaris dan Co-Chairman Dewan Komisaris GoTo yang sudah diembannya sejak 2021.

Untuk jajaran direksi, manajemen mengusulkan pengangkatan kembali Wei-Jye Jacky Lo sebagai Direktur, Hans Patuwo sebagai Direktur, Catherine Hindra Sutjahyo sebagai Direktur.

Baca Juga: Tingkatkan UMKM Lokal, Gojek dan Tokopedia Resmi Merger Jadi GoTo

“Rencana perseroan mengangkat kembali anggota direksi tersebut di mana masa jabatannya akan berakhir pada penutupan RUPST 2024 adalah karena kinerjanya sebagai direktur yang mendukung kinerja perseroan,” tulis manajemen GOTO.

Sementara itu, masa jabatan Melissa Siska Juminto sebagai Direktur/Presiden, E-Commerce/Chief of Human Resources Officer (HRO) juga berakhir. Melissa menjabat sebagai Direktur/Chief of HRO sejak 2021 dan diangkat menjadi Presiden E-Commerce sejak 2023. Sebelumnya, Melissa menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) PT Tokopedia periode 2018-2023. Patrick Walujo, Direktur Utama GoTo, mengatakan kepimpinan perseroan pun terus berevolusi untuk memastikan perusahaan memiliki gabungan keahlian terbaik untuk perkembangan lebih lanjut seiring dengan pertumbuhan GoTo dalam beberapa tahun terakhir.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU