AHY Minta Tambahan Anggaran ke Sri Mulyani

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Mei 2024 19:45 WIB

AHY Minta Tambahan Anggaran ke Sri Mulyani

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan target sertifikasi 120 juta lahan tahun ini melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Untuk mencapai target ini, dia tambahan anggaran ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Menurutnya, dia sudah meminta pada Sri Mulyani mengenai tambahan anggaran ini.

Baca Juga: Kementerian ATR/BPN Ajukan Anggaran RP 14 T

"Selalu tantangannya adalah kemampuan keuangan. Nah kita sudah bermohon dan secara resmi saya sampaikan kepada Menteri Keuangan (Sri Mulyani), kami membutuhkan dukungan tambahan anggaran, untuk bisa mencapai target 120 juta bidang tanah tadi," kata AHY di Denpasar, Bali, Selasa (21/5/2024).

Menurutnya, ATR/BPN sudah memiliki sekitar 112 juta lahan yang bersertifikat. ATR/BPN perlu 8 juta lagi untuk mencapai target 120 juta. AHY mengatakan progres dari target tersebut akan terus disampaikan.

Baca Juga: NasDem Persoalkan Pidato AHY, Demokrat Bentengi Anak SBY

"Setiap daerah itu sebetulnya bisa dikatakan terus sampai dengan 70, 80, 90%, nah sehingga nanti pada saatnya akan kita deklarasikan atau kita umumkan kembali progresnya seperti apa," ujar dia.

"Tapi kita optimis saya selalu menggelar rapat untuk melakukan pengecekan ke jajaran Dirjen yang terkait termasuk ke Kanwil dan Kantah sampai di mana prosesnya," tambahnya.

Baca Juga: Gebuk Mafia Tanah dalam 8 Bulan

Selain itu, AHY mengatakan memiliki skema lain untuk mencapai target sertifikasi 120 juta lahan. Dia mengatakan ada skema pinjaman dari bank dunia untuk mempercepat program tersebut, yakni skema pinjaman dari Bank Dunia.

"Itu kemarin mengapa di Washington DC saya juga menyampaikan 5 tahun terakhir ini sebetulnya kita mendapatkan skema pinjaman untuk bisa membantu mempercepat program PTSL," ujarnya. Bl-02/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU