Semarak HLUN ke 28, Dinsos Jatim Sajikan 'Sate Lansia' di Tujuh Kabupaten

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Rabu, 22 Mei 2024 18:55 WIB

Semarak HLUN ke 28, Dinsos Jatim Sajikan 'Sate Lansia' di Tujuh Kabupaten

i

Antusiasme para lansia yang mengikuti kegiatan yang digelar oleh Dinsos Jatim. SP/ AINI

SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Dalam rangkaian menyambut Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan Wisata Edukatif Rekreatif Lansia atau "Sate Lansia" di tujuh Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW).

Acara yang berlangsung serentak mulai Senin (20/5/2024) hingga Rabu (22/5/2024) ini diadakan di UPT yang tersebar di Kabupaten Magetan, Blitar, Jombang, Pasuruan, Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi. Ketujuh UPT dari daerah tersebut sengaja memilih giat ‘Sate Lansia’ untuk menyemarakkan jelang HLUN pada Rabu (29/5/2024) depan.

Baca Juga: Idul Adha, PKB Jatim Potong Seribu Hewan Kurban

Kepala Dinsos Jatim, Restu Novi Widiani, menjelaskan bahwa berbagai kegiatan dalam rangka HLUN 2024 ini bertujuan untuk memuliakan, membahagiakan, dan melindungi para lansia di Jawa Timur.

"Semua ini demi upaya untuk meningkatkan kesejahteraan mereka sehingga angka harapan hidup bisa naik," kata Restu, saat dikonfirmasi Surabaya Pagi, Rabu, (22/5/2024).

Menurut Novi, tiap UPT memiliki cara unik untuk mempersembahkan "Sate Lansia" kepada penerima manfaat (PM). Misalnya, UPT PSTW Magetan, mengajak para lansia berwisata edukatif ke Taman Wisata Genilangit, Magetan.

Sedangkan UPT PSTW Blitar, terapi tertawa menjadi salah satu kegiatan utama. Ada perawat berdandan ala badut sirkus untuk menghibur para lansia, selain itu, mereka juga diajak menikmati jalanan kota dengan angkutan tradisional, mengikuti pentas seni, dan berbagai perlombaan.

Sementara, di UPT PSTW Jombang memilih untuk mengadakan seluruh kegiatan rekreatif di dalam UPT. Dengan menggandeng mahasiswa praktikan dari Stikes Karya Husada dan Stikes Bahrul Ulum Jombang, mereka melaksanakan lomba estafet, tebak gambar, dan memasukkan bola, dengan hadiah untuk para pemenang.

Tak hanya itu, di UPT PSTW Pasuruan juga menggelar berbagai permainan seru serta mengajak para lansia berkeliling Kabupaten Pasuruan dengan kereta kelinci.

Salah satu PM lansia di UPT PSTW Pasuruan Darmaji (77) mengaku sangat senang dengan kegiatan ini. Apalagi, ini kali pertamanya ia berkeliling Kabupaten Pasuruan dengan kereta kelinci, sejak 10 tahun menjadi PM di UPT PSTW Pasuruan.

Baca Juga: Mbrebes Mili, Sapi Kurban Presiden Jokowi di Perayaan Idul Adha 1445H Masjid Al-Akbar Surabaya

"Saya sangat senang dan berterima kasih karena sudah dicukupi sandang, pangan, dan papan," ungkapnya penuh haru.

Seakan tak mau kalah dengan daerah lain, UPT PSTW Jember memilih Pantai Cemoro Sewu untuk berbagai kegiatan seperti outbound, lomba-lomba, menari, menyanyi, dan membaca puisi.

Kemudian, di UPT PSTW Bondowoso mengadakan acara di Situs Megalitik Kodedek, mengajak para lansia berwisata sambil bermain fun games, bernyanyi, dan berjoget bersama.

Berbeda dengan UPT lainnya, UPT PSTW Banyuwangi lebih fokus pada PM yang menerima perawatan intensif. Mereka diajak sarapan sambil berjemur, dipijat, dan mendengarkan musik. Acara ditutup dengan lepas balon dan api unggun di malam hari.

Baca Juga: Ribuan Umat Islam Penuhi Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya untuk Shalat Idul Adha 1445 H

Uniknya, pegawai dan para PM, baik mandiri maupun dari intensive care juga mengadakan lepas balon berwarna biru muda. Serta pada malam harinya, panti ini mengadakan api unggun dan permainan bersama PM mandiri.

Lebih lanjut, dari ketujuh UPT PSTW tersebut memiliki kapasitas penerima manfaat yang berbeda-beda, dengan UPT PSTW Magetan menampung 145 PM, Blitar 135 PM, Jombang 155 PM, Pasuruan 165 PM, Jember 140 PM, Bondowoso 100 PM, dan Banyuwangi 100 PM.

Dengan kegiatan seperti ini, Novi berharap kedepan angka harap hidup para lansia di Jatim kian meningkat.

"Upaya dari kegiatan ini tentunya memberikan kebahagiaan dan meningkatkan kesejahteraan lansia, sehingga diharapkan dapat meningkatkan angka harapan hidup para lansia khususnya di Jatim ini," pungkasnya. ain

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU