Ratusan Musisi Saxophone Indonesia Unjuk Kebolehan di Ajang ITF Chapter Surabaya

author Arlana Chandra Wijaya

- Pewarta

Minggu, 26 Mei 2024 19:37 WIB

Ratusan Musisi Saxophone Indonesia Unjuk Kebolehan di Ajang ITF Chapter Surabaya

i

Sejumlah musisi dari TSB, Bersha dan Horn On Top memainkan alat musik Saxophone bersama dalam membawakan lagu dalam gelaran Indonesia Tiup Festival, DI Cafe Prajurit, Surabaya, Kamis (23/05/2024).

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Sekolah Musik Laude Music Course menggelar event musik Indonesia Tiup Festival (ITF) chapter Surabaya yang digelar di Cafe Prajurit Jl. Aditya Rahman, Surabaya, Kamis (23/5/2024).

Event musik yang pertama kali digelar di Kota Surabaya dan terbesar di Indonesia ini dimeriahkan oleh puluhan musisi saxophone Indonesia yang turut meramaikan gelaran Indonesia Tiup Festival chapter Surabaya.

Baca Juga: Mbrebes Mili, Sapi Kurban Presiden Jokowi di Perayaan Idul Adha 1445H Masjid Al-Akbar Surabaya

Salah satunya ialah aksi dari Pratama, musisi asal Kota Bandung ini membawakan lagu Afgan berjudul Cintaku Bukan Cinta Biasa ini berhasil membius para penonton yang hadir dengan alunan saxophone nya.

Founder Indonesia Tiup Festival, Gerson Laude menjelaskan bahwa event ITF chapter Surabaya ini berawal dari mimpinya belajar saxophone pada tahun 2010.

Gerson mengungkapkan tujuan dirinya menggelar acara ini ialah untuk mempermudah masyarakat yang tertarik untuk belajar saxophone, atau para musisi yang sudah bisa dan ingin mengimprove kemampuannya.

"Kita mengumpulkan teman-teman musisi tiup dari seluruh Jawa Timur, nah dari situlah acara ini kami namai Indonesia Tiup Festival tapi chapter Surabaya. Harapannya ialah, kami ingin membantu para pemain alat musik tiup di seluruh Indonesia untuk bisa belajar dengan metode yang segampang mungkin," terangnya.

Gelaran ITF chapter Surabaya ini juga sebagai wadah para musisi tiup yang sebelumnya sangat susah untuk mengembangkan kemampuannya.

"Ini yang pertama bagi kami membuat event sebesar ini, hal ini diakui oleh para musisi tiup yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya, mereka mengakui bahwa ITF ini merupakan yang terbesar bagi para pemain saxophone di Indonesia," ujarnya.

Garson menyebut bahwa sebenarnya banyak sekali masyarakat di Kota Surabaya ini yang menaruh minat akan bermain saxophone, hal ini dibuktikan dengan banyaknya minat masyarakat di segala usia.

Dengan metode empat kali pertemuan, Garson mengaku dirinya tak ingin setengah-setengah dalam membantu masyarkat dalam mempelajari saxophone hingga bisa memainkan alat musik tersebut.

Garson juga memfasilitasi kelas belajar saxophone secara gratis hingga menyediakan saxophone nya untuk dibuat belajar.

Baca Juga: Ribuan Umat Islam Penuhi Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya untuk Shalat Idul Adha 1445 H

“setelah adanya program tersebut, animo masyarakat dalam belajar saxophone meningkat. Untuk ke depan saya juga berencana untuk melakukan class dalam waktu dua minggu sekali, yang sebelumnya kita lakukan sebulan sekali,” ujarnya.

Gerson menyebut dirinya juga tidak membatasi usia dalam mempelajari saxophone, dirinya menyebut pernah mengajari anak-anak usia lima tahun hingga yang telah berusia 85 tahun.

"Hal ini juga merupakan salah satu langkah saya dalam mengenalkan saxophone kepada masyarakat Kota Surabaya bahwa alat musik tiup itu sangat mudah untuk dipelajari," kata Gerson.

Gerson menjelaskan bahwa Laude Musik Class ini mempunyai tagline #BelajarSaxophoneItuMudah, di era modern ini Gerson membuat para pelajar akan lebih mudah memainkan alat musik tiup tersebut.

Indonesia Tiup Festival ini juga menggandeng para musisi yang terdiri para pemain saxophone profesional, event ini juga menggandeng para mahasiswa dan alumnus Unesa untuk ikut serta memeriahkan acara ini.

“bagi saya yang paling penting dengan digelarnya acara ini ialah, networking. Bagi saya dengan semakin banyaknya jaringan, bagi kawan-kawan musisi dapat berkenalan dan berbagi ilmu langsung dengan para pemain saxophone dari Jakarta,” ujarnya.

Baca Juga: Zyrex Innovation Day 2024 : Peluncuran Teknologi AI Terkini

Gerson bermimpi jika suatu saat nanti dirinya berserta teman-teman akan menggelar event serupa di kota-kota besar lainnya di Indonesia, dirinya yakin bahwa Indonesia Tiup Festival ini akan menjadi wadah bagi teman-teman yang ingin belajar alat musik tiup dan dapat memperdalam lagi kemampuannya dalam bermain.

Gerson berpesan kepada para musisi tiup di Indonesia baik yang masih pemula atau yang sudah profesional, jangan pernah berhenti mengeksplore kemampuannya, jangan pernah malas untuk latihan.

“teman-teman yang ingin belajar saxophone, jangan ragu untuk kesini, saya akan mengajarinya gratis,” pungkasnya.

Pada gelaran ITF Chapter Surabaya ini, panitia juga menyediakan servis saxophone gratis bagi para pengunjung. Tidak hanya itu, para pengunjung juga berkesempatan untuk membawa pulang Saxophone sebagai salah satu door prize.

Penampilan kolaboratif TBS, Bersha bersama Horn On Top menjadi penampilan pamungkas pada kemeriahan event ITF yang sukses menghipnotis perhatian ratusan penikmat musik yang hadir. Byb

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU