Wali Kota Eri Tetap Evaluasi Surabaya Vaganza 2024

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 27 Mei 2024 19:36 WIB

Wali Kota Eri Tetap Evaluasi Surabaya Vaganza 2024

i

Pagelaran pawai budaya dan parade mobil "Surabaya Vaganza". SP/SURA

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya akan melakukan evaluasi terkait pagelaran pawai budaya dan parade mobil "Surabaya Vaganza", walaupun acara ini diklaim sukses oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi.

Surabaya Vaganza pada peringatan Hari Jadi Kota Surabaya ke-731 ini mengangkat tema “The Chronicle of Surabaya", yang menceritakan sejarah panjang Kota Pahlawan dari masa sebelum kerajaan hingga modern.

Baca Juga: Wali Kota Eri akan Sulap 1.100 Aset Tidur Jadi Wisata

Walikota Eri bersama istrinya, Rini Indrayani juga memakai busana adat Manten Pegon, yang keberadaannya patut dilestarikan dan menjadi kebanggaan budaya asli Kota Surabaya.

“Saya harus mengenalkan kembali, mengingatkan kembali kepada warga Kota  Surabaya bahwa kita punya kebanggaan, yaitu busana Manten Pegon. Ini adalah kebanggaan kita warga Kota  Surabaya,” ujar Eri, Senin (27/5).

Meski gelaran Surabaya Vaganza sudah dianggap sukses terlaksana, namun Walikota Eri tidak mau besar kepala. Dirinya berjanji dan berkomitmen bahwa pagelaran Surabaya Vaganza di setiap tahunnya akan menampilkan tema yang berbeda.

“Komunitas-komunitas dan penampilannya pastinya akan berbeda setiap tahunnya karena tema yang akan diusung berbeda pula. Insya Allah (Surabaya Vaganza) akan lebih menarik lagi,” katanya. 

Baca Juga: Wali Kota Eri Cahyadi Lantik Dewan MTQ Surabaya

Eri juga menerangkan pihaknya akan melakukan sejumlah evaluasi mengenai pelaksanaan Suravaya Vaganza. Salah satu yang menjadi bahan evaluasi adalah mengenai ketepatan waktu.

“Kami awalnya sudah merencanakan sebelum maghrib sudah selesai. Ketika ada penampilan atau atraksi, waktunya juga tidak boleh lebih dari yang sudah kita tentukan, sehingga jangka waktu penampilan dan perjalanannya bisa tepat waktu seperti apa yang sudah kita rencanakan,” jelasnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota  Surabaya Hidayat Syah mengatakan, gelaran acara  Surabaya Vaganza kemarin dihadiri oleh puluhan ribu massa, yang memenuhi Jalan Pahlawan hingga Balai Pemuda.

Baca Juga: Wali Kota Eri: Larangan Study Tour SD dan SMP ke Luar Kota

Hidayat juga mengungkapkan, dengan suksesnya pagelaran Surabaya Vaganza dan Festival Rujek Uleg beberapa waktu lalu, maka pihaknya siap mengajukan kedua acara tersebut untuk masuk Kharisma Event Nusantara (KEN), yang dinaungi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Untuk tahun ini memang (Surabaya Vaganza) belum masuk (KEN), akan kita upayakan masuk bersama Festival Rujak Uleg juga kedepannya," pungkas Hidayat.sb/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU