Dinas Koperasi dan UMKM Jatim Lakukan Kurasi Produk

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 04 Jun 2024 19:12 WIB

Dinas Koperasi dan UMKM Jatim Lakukan Kurasi Produk

i

Kegiatan kurasi produk oleh Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur. SP/JAT

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Tak hanya melakukan berbagai upaya pendampingan, Dinas Koperasi dan UMKM Jatim juga melakukan kurasi terhadap produk UMKM agar berdaya saing. 

Dijelaskan Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, Dra Susanti Widyastuti MT, produk yang siap dipasarkan di pasar tradisional, modern ataupun pasar Internasional diperlukan tahapan kurasi dari pihak-pihak terkait yang terstandar untuk menilai produk yang dihasilkan oleh UKM. 

Baca Juga: Pohon Bambu Melimpah, Produsen Tusuk Sate di Jombang Banjir Cuan

Menurutnya, banyak produk UKM yang sudah bagus dan memiliki legalitas, tetapi tidak sedikit produk UKM yang belum memiliki sertifikasi dan standarisasi. 

"Oleh karenanya, kurasi sangatlah penting dilakukan terutama untuk produk makanan dan minuman, karena memang produk pangan ini menguasai lebih dari 70% usaha skala UKM," katanya di Surabaya, Selasa (4/6).

Baca Juga: Jasa Pembuatan Abon Daging di Tulungagung Banjir Pesanan, Per Kg Rp 70 Ribu

Tak hanya itu, kurasi juga sangat diperlukan untuk menilai kualitas suatu produk. Kurasi telah menjadi suatu Langkah kerja dan kegiatan dalam melakukan pemeliharaan dan pengawasan terhadap kualitas suatu produk.

Dijelaskannya, kurasi dapat dilakukan berupa Kurasi Legalitas Produk, Kurasi Kualitas Produk, dan Kurasi Kemasan Produk. 

Baca Juga: Tingkatkan Daya Saing UMKM, Bank Jatim Berikan Bantuan Peralatan Kemasan Produk

Adapun cakupan Kegiatan Kurasi meliputi Validasi Aspek Legalitas produk UKM, Pengawasan dan evaluasi kualitas serta hasil akhir produk UKM, Pemberian wawasan mengenai aspek pengembangan produk UKM, Klasifikasi produk UKM berdasar jenis dan tujuan pasar yang sesuai sehingga Langkah pengembangan akan berlangsung optimal.

Pada tahun 2023, Dinas Koperasi dan UMKM Jatim telah mengkurasi sebanyak 250 UKM dan lolos direkomendasikan ke pasar Tradisional, Pasar Modern dan Pasar Ekspor.sb/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU