Butuh 11 Bulan Kustomisasi, Suzuki Carry Disulap Jadi VW Dakota

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 05 Jun 2024 12:01 WIB

Butuh 11 Bulan Kustomisasi, Suzuki Carry Disulap Jadi VW Dakota

i

Suzuki Carry Disulap Jadi VW Dakota terlihat menggoda dan butuh proses kustomisasi yang panjang. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Basis mobil lawas Suzuki Carry berhasil disulap menjadi sebuah karya luar biasa berupa VW Dakota 1966 yang telah dikustom oleh Yumos Garage bersama Wahyudi Pamungkas, dengan proses kustomisasi mobil ini melalui proses yang sangat Panjang.

Pria yang karib disapa Yudi itu menceritakan bahwa proses pengerjaan Suzuki Carry berwujud VW Dakota ini memakan waktu hingga 11 bulan. Mobil kustom ini digarap di markas Yumos Garage yang berada di Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Ferrari Bakal Debutkan Mobil Listrik Perdananya, Ditaksir Mulai Rp 8 Miliaran

Sementara, dalam membangun Dakota kustom ini ia mengambil contoh dari Kombi Brasil tahun 80an. Kemudian dikonversi menjadi VW Dakota dengan melakukan ubahan pada bagian depan, samping, dan belakang dengan gestur yang menyerupai bentuk asli Dakota.

"Awalan kalau kita mau bikin mobil bentuk Dakota, yang pertama diubah tentu wheelbase-nya. Karena beda wheelbase-nya dari Suzuki Carry dengan Dakota ini kan lebih panjang punya mobil Dakota, sehingga kita mundurin wheelbase-nya 20 cm, disesuaikan dengan panjangnya dengan VW Dakota," terang Yudi, Rabu (05/06/2024).

"Kemudian kabelnya kita sambung, kita las ulang, kemudian kita balance, setelah itu baru nanti kita nyambung di instalasi rem dan lain-lain menyesuaikan panjangnya itu," tambahnya.

Untuk komponen mekanis seperti pedal dan lain-lain, masih bawaannya dari Suzuki Carry. Untuk menunjang kinerja agar maksimal, Yumos perlu melakukan beberapa penyesuaian seperti membuat bracket untuk pedal gas, rem, dan kopling.

Baca Juga: Motor Cruiser CFMoto CLC450: Harga Terjangkau, Cocok Bagi Pecinta Moge

Yudhi menegaskan, mobil kustom ini telah diuji coba dan aman untuk dikendarai. Sejauh ini ia belum pernah menerima keluhan dari konsumen terkait performa mobil garapannya, terlebih lagi dokumen mobil inipun telah diubah dari pikap menjadi mobil penumpang station wagon.

"Selama ini kalau kita jual unit baru itu hampir enggak ada masalah untuk mesin, kaki-kaki, karena mobil baru. Sejauh ini sih Alhamdulillah enggak ada kendala untuk dari segi mesin, kaki-kaki, suspensi, dan lainnya itu aman," tuturnya.

Sedangkan soal harga, semua tergantung keinginan konsumen. "Tergantung dari klien maunya interior seperti apa, kemudian apakah mobil donornya dari klien, kita yang bikin Dakotanya, itu mempengaruhi harganya," kata Yudi.

Baca Juga: Bermesin V16 Hybrid Super Buas, Bugatti Tourbillon Dibanderol Rp 67 Miliar

"Tapi kalau misalkan mobil dari klien, kita yang modif, promoting dari kita ya rincinya kurang lebih sekitar antara Rp 600 sampai 650-an kurang lebih," sahutnya.

Seperti diketahui,Suzuki Carry sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk kebutuhan pelayanan kesehatan, mobil niaga ini dapat dialihfungsikan sebagai ambulance. Bahkan, dalam industri kuliner, Suzuki Carry dapat disesuaikan menjadi coffee truck atau mobil penunjang jenis makanan dan minuman lainnya. Selain itu, Suzuki Carry juga dapat diandalkan sebagai armada logistik dan transportasi umum. jk-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU