Jokowi Ngaku Nyenyak Tidur di IKN, Rumah Menteri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 05 Jun 2024 20:53 WIB

Jokowi Ngaku Nyenyak Tidur di IKN, Rumah Menteri

i

Presiden Jokowi saat mengecek kesiapan Istana Negara di IKN yang akan dipakai untuk upacara 17 Agustus 2024 mendatang.

SURABAYAPAGI.COM, IKN - Sejak dua hari terakhir Presiden Joko Widodo terus mengecek kesiapan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Bahkan, Jokowi sampai nginep di rumah menteri.

"Tadi malam saya nginepnya di rumah menteri, rumah dinas Menteri PUPR ya, sangat indah sekali kemarin waktu sunset matahari terbenam sangat indah sekali dan ya suasana itu yang saya sampaikan. Tidur nyenyak sekali," kata Jokowi kepada wartawan di Depan Istana Negara, IKN, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024).

Baca Juga: Jokowi Minta Restrukturisasi Kredit Sampai Tahun 2025

 

Luas Rumah Dinas Menteri

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengakui luas rumah dinas menteri di Ibu Kota Nusantara disingkat IKN lebih kecil daripada rumah dinas menteri di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memprotes luas rumah dinas untuk menteri di IKN lebih kecil. Luhut mengatakan seharusnya rumah dinas para pembantu presiden dibuat besar. Basuki mengatakan, rumah menteri dibuat lebih kecil untuk mendukung konsep IKN sebagai compact city.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengakui luas rumah dinas menteri di Ibu Kota Nusantara disingkat IKN lebih kecil daripada rumah dinas menteri di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan. Lantas seperti apa perbandingannya?

IKLAN

 

Protes Luhut Binsar Pandjaitan

Sebelumnya, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memprotes luas rumah dinas untuk menteri di IKN lebih kecil. Luhut mengatakan seharusnya rumah dinas para pembantu presiden dibuat besar. Basuki mengatakan, rumah menteri dibuat lebih kecil untuk mendukung konsep IKN sebagai compact city.

“Pak Luhut bilang, ‘lho ini kok kecil? Mestinya bisa dibesarkan. Tetapi dengan konsep ‘compact city’ disesuaikan dengan desain pemenang sayembara,” kata Basuki saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024.

 

Spesifikasi rumah menteri di IKN

Basuki mengatakan bahwa pembangunan rumah dinas untuk dirinya atau untuk Menteri PUPR sudah selesai dengan fasilitas standar, seperti kamar tidur, dapur, ruang tamu dan ruang rapat. Menurutnya, semua rumah dinas untuk para menteri di IKN memiliki tipe seragam. Juga, luasnya sama-sama lebih kecil daripada rumah dinas menteri di Jakarta.

Baca Juga: Jokowi Penasaran Event Taylor Swift dan Coldplay

Adapun untuk ukurannya, rumah dinas menteri di IKN berdiri seluas 580 meter persegi di atas lahan seluas 1.000 meter persegi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengakui luas rumah dinas menteri di Ibu Kota Nusantara disingkat IKN lebih kecil daripada rumah dinas menteri di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Menurutnya, semua rumah dinas untuk para menteri di IKN memiliki tipe seragam. Juga, luasnya sama-sama lebih kecil daripada rumah dinas menteri di Jakarta.

Adapun untuk ukurannya, rumah dinas menteri di IKN berdiri seluas 580 meter persegi di atas lahan seluas 1.000 meter persegi. Secara keseluruhan, total ada setidaknya 36 unit rumah jabatan menteri. Rumah-rumah tersebut dibangun Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN) dan berada di lokasi persil 104 dan 105 KIPP IKN.

 

Interior Hunian Para Menteri

Berdasarkan foto yang diterima awak media, interior hunian para menteri mengusung konsep modern dengan dominasi marmer. Griya terdiri dua lantai dan dilengkapi dengan ruang bawah tanah atau rubanah. Pintu masuk di lantai dasar tipe dia daun berwarna hitam. Rumah tersebut mengusung tema open space, di posisi ruang tamu langsung menyatu dengan ruang makan.

Baca Juga: Jokowi, Rampungkan 72,6% Tol se Indonesia

 

Rumah Menteri akan Selesai

Jokowi menikmati suasana menginap itu ditambah pemandangan matahari terbenam kemarin.

Jokowi memastikan pembangunan rumah menteri ini akan selesai pada pertengahan Juli. Ia menyebut pembangunan tahap I sudah mencapai 80%.

"Jadi pembangunan kira-kira pertengahan Juli yang di sini udah siap dan akan mulai untuk persiapan 17 Agustus," ujarnya.

"80-an persen interior eksterior semuanya dalam proses semua. insya allah selesai lah selesai," lanjut Jokowi.

Jokowi ke IKN juga sekaligus meninjau persiapan upacara 17 Agustus. Jokowi mengatakan persiapan sudah final dan tak ada kendala. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU