Semarak Pembukaan Bazar Blitar Djadoel 2024 oleh Wali Kota Blitar

author Lestariyono Blitar

- Pewarta

Minggu, 09 Jun 2024 19:41 WIB

Semarak Pembukaan Bazar Blitar Djadoel 2024 oleh Wali Kota Blitar

i

Pemotongan bunga rampai dalam Pembukaan Bazar Blitar Djadoel 2024. SP/Lestariono

Hadir pula Perwakilan Kemendagri serta Perwakilan Kabupaten dan Kota se Jawa Timur

 

Baca Juga: Pemkot Blitar Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi ke 118

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Pembukaan Bazar Blitar Djadoel 2024 yang dipusatkan di Alun-alun Kota Blitar dibuka Wali Kota Blitar Santoso pada Jumat sore (7/6) ditandai pengguntingan bunga rampai yang didahului memecah kendi, yang merupakan tradisi adat Kejawen.

Pembukaan Bazar Blitar Djadoel dihadiri perwakilan Kementerian Perdagangan Ibu Fajarini Puntodewi SH M.SI, Wawali Kota Blitar, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, serta seluruh Kepala OPD dan instansi lainnya.  Tak ketinggalan seluruh perangkat kelurahan se Kota Blitar.

Dalam Bazar Blitar Djadoel tersebut seluruh pejabat Pemkot Blitar menggunakan pakaian adat Jawa bercorak Batik Puspodahono disertai ikat kepalanya (udheng).

Sebelum acara puncak pemotongan bunga rampai dan pecah kendhi oleh Wali Kota Blitar, Santoso menyampaikan bahwa setiap tahun pemerintah Kota Blitar menyelenggarakan Bazar Blitar Jadoel, hal ini untuk menggugah dan melestarikan suasana tempo doloe, sehingga kepada warga masyarakat pada umumnya ikut menguri uri Budaya Jawa, dan yang terpenting Bazar Blitar Djadoel ini merupakan upaya menggerakkan perekonomian.

Baca Juga: Pemkot Blitar Lakukan Operasi Pasar Selama Tiga Hari

Bazar Blitar Djadoel yang diselenggarakan selama lima hari (7-6 Juni 2024) ini diikuti 470 peserta, tak ketinggalan pula dari 38 perwakilan Pemkab/Pemkot se Jawa Timur.

"Bazar Blitar Djadoel ini bertepatan peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong masyarakat Jawa Timur dan hari gerak PKK,  sehingga peserta Bazar Jadoel ini pesertanya banyak, untuk itu harapan Pemkot Blitar bisa membantu pelaku UMKM sekaligus untuk mengenalkan produknya, dan perputaran perekonomian masyarakat juga bergerak dan dikenal hasil produksinya untuk mengangkat perekonomian masyarakat," kata Santoso yang mendapat tepuk tangan meriah para undangan dan masyarakat yang menyaksikan langsung pembukaan Bazar Blitar Djadoel. 

Kepala Disperindag Kota Blitar Hakim Sisworo pada wartawan menyampaikan, Bazar Blitar Djadoel kali ini bertemakan seperti tahun tahun lalu, dan kali ini kita usung ciri khas tempo doeloe.

Baca Juga: Wali Kota Blitar Santoso Pimpin Apel Pasukan Operasi Lilin 2023

"Kali ini peserta dalam Bazar Djadoel 2024 ini  ada sekitar 470 peserta, yang terdiri dari pelaku UMKM, pelaku Ekonomi Kreatif termasuk para PKL, pokoknya ciri khas Djadoel kita tonjolkan tradisionalnya, termasuk pakaian  penunggu Stand dengan mengenakan  pakaian djadoel, mari  terus kita uri uri khas Djadoel," kata Hakim.

Sementara Staf Ahli Kemendag RI mengungkapkan kegiatan agenda Bazar Blitar Djadoel selain memperkenalkan khazanah budaya dan produk unggulan pada generasi muda, juga  membawa dampak perekonomian lokal (UMKM) maju dan meningkat dengan pesat.

“Untuk itu kami dari Kemendag menyampaikan selamat untuk Kota Blitar dan sukses dalam peningkatan perekonomian masyarakat salah satunya acara Bazar Blitar Djadoel membuka peluang perkembangan ekonomi masyarakat. Les/Kominfo Kota Blitar

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU