DKPP: Stok Hewan Kurban di Madiun Surplus Jelang Idul Adha

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 10 Jun 2024 13:39 WIB

DKPP: Stok Hewan Kurban di Madiun Surplus Jelang Idul Adha

i

Ilustrasi. Pedagang hewan kurban di Kabupaten Madiun. SP/ MDN

SURABAYAPAGI.com, Madiun - Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Madiun memastikan stok hewan kurban diklaim aman bahkan hingga surplus.

Pasalnya, di momen tersebut ketersediaan hewan ternak itu diperkirakan terus bertambah dengan adanya kiriman dari luar daerah meliputi Kabupaten Nganjuk, Magetan dan Ngawi.

Baca Juga: Tingkatkan Keperdulian Sosial Dimomentun Idul Adha, Unipra Sembelih 2 Ekor Sapi Kurban

“Kami lihat ketersediaan dari laporan populasi ternak setiap bulan, mutasi pertambahan hewan ternak yang beranak, dan mutasi dari luar daerah,” ungkap Kepala DKPP Kabupaten Madiun Paryoto, Senin (10/06/2024)

Selain itu, diketahui juga populasi sapi potong baik jantan dan betina di Bumi Kampung Pesilat mencapai 44.724 ekor. Berikutnya, kambing 76.922 ekor, dan domba 24.888 ekor. 

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy: Ekonomi Membaik Seiring dengan Peningkatan Kesalehan Sosial Masyarakat

Sedangkan untuk kebutuhan hewan kurban diperkirakan tidak lebih dari seperempat dari total populasi. Perinciannya, kurban sapi 3.101 ekor, kambing 13.752 ekor, dan domba 337 ekor. Itung-itungan itu mengacu pada kebutuhan hewan kurban sebelumnya dengan peningkatan 10 persen.

“Kebutuhan domba diprediksi meningkat karena sudah mulai familiar,” jelasnya.

Baca Juga: Hewan Kurban di Jatim pada 2024 Capai 434.843 Ekor

Dia menjelaskan, mutasi hewan ternak yang masuk bakal terlihat pada H-7 hari raya kurban. Saat itu, pasar hewan mulai ramai. 

Sementara itu, pasar hewan mulai ramai, pihaknya juga turut memastikan hewan ternak yang beredar aman dari penyakit, petugasnya bakal aktif turun ke lapangan. Meliputi lokasi peternakan, pasar hewan hingga tempat jual-beli ternak pinggir jalan. mdn-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU