Satu Rumah Satu Sarjana Jadi Model Pemberdayaan Kualitas SDM Surabaya

author Redaksi

- Pewarta

Selasa, 11 Jun 2024 16:52 WIB

Satu Rumah Satu Sarjana Jadi Model Pemberdayaan Kualitas SDM Surabaya

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tidak hanya berfokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui program Satu Rumah Satu Sarjana, tetapi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif. Selama tiga tahun terakhir, Pemkot telah menggelontorkan Rp138 miliar untuk program Beasiswa Pemuda Tangguh, yang bertujuan membantu mahasiswa dari keluarga miskin mengakses pendidikan tinggi.

Isa Ansori, pengamat pendidikan dari Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur, menyambut baik langkah Pemkot Surabaya.
"Ini mencerminkan dedikasi pemkot dalam meningkatkan SDM, terutama bagi mereka yang kurang mampu," ujar Isa Ansori pada Senin (10/6/2024).

Baca Juga: Zyrex Innovation Day 2024 : Peluncuran Teknologi AI Terkini

Namun, Isa menekankan bahwa program ini memerlukan dukungan dari seluruh masyarakat, termasuk para pelaku industri dan usaha. "Gotong royong dan kolaborasi ini mencerminkan karakter masyarakat Surabaya yang kuat," tambahnya.
Program Satu Rumah Satu Sarjana menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta. Isa percaya bahwa peningkatan kualitas SDM akan memberikan manfaat luas bagi semua pihak yang terlibat.

"Dengan menaruh perhatian pada pendidikan generasi muda, Surabaya menanam benih-benih kemajuan yang akan membawa perubahan positif bagi kota ini," katanya.

Menurut data Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbuporapar) Kota Surabaya, lebih dari 10.000 pemohon telah mengajukan beasiswa Pemuda Tangguh hingga tahun ini. Pemkot telah membantu 3.100 mahasiswa dan berencana meningkatkan jumlah penerima menjadi 3.500 pada akhir tahun 2024.

Baca Juga: Peresmian Kota Lama Surabaya Diundur ke Akhir Juni, Bersamaan dengan Green Force Run 2024

"Tentu dibutuhkan lagi effort agar semua anak dan generasi muda Surabaya terlayani dan terfasilitasi kebutuhan peningkatan kualitas SDM nya," jelas Isa.

Wali Kota Eri Cahyadi, dalam acara Gen-z Beraksi dan Menginspirasi di Graha Unesa pada 8 Juni 2024, mengajak generasi muda untuk bermimpi besar dan berusaha keras menggapainya. "Generasi Z tidak boleh malas. Mereka harus memiliki impian dan berusaha mengejarnya," ujar Eri.

Ia menekankan pentingnya mental petarung dan pantang menyerah dalam meraih kesuksesan. "Jika gagal, jangan berhenti. Teruslah berusaha sampai mencapai keberhasilan," tambahnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Resmikan 153 Pustu ILP

Program Satu Rumah Satu Sarjana bukan hanya tentang bantuan finansial; ini adalah investasi dalam masa depan bangsa. "Dengan fokus pada pendidikan generasi muda, Surabaya menanam benih-benih kemajuan yang akan membawa perubahan positif bagi kota ini," tegas Isa.

Inisiatif ini menunjukkan bagaimana kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dapat menciptakan dampak besar dalam pembangunan manusia dan mengangkat kesejahteraan masyarakat Surabaya. Zis

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU