Berkah Idul Adha, Pande Besi di Madiun Banjir Pesanan 3 Kali Lipat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 12 Jun 2024 13:42 WIB

Berkah Idul Adha, Pande Besi di Madiun Banjir Pesanan 3 Kali Lipat

i

Pemilik Pande Besi Mohari sedang memanggang lempengan besi di atas bara besi, Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. SP/ MDN

SURABAYAPAGI.com, Madiun - Ketiban berkah jelang Hari Raya Idul Adha, salah satu pandai besi di Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun mendapat lonjakan pesanan pisau sembelih hingga tiga kali lipat. 

Mereka tetap fokus menempa besi, meskipun berkali kali pukulan palu dilayangkan di atas besi, terus mengeluarkan percikan api kecil. Seolah olah sudah terbiasa, besi itu terus ditempa sampai menyerupai bentuk yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Baca Juga: Harga Porang di Madiun Melonjak Rp 12 Ribu per Kg, Petani Sumringah

Pemilik Pande Besi Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Mohari (74) mengakui, ada kenaikan permintaan mendekati Hari Raya Idul Adha 2024. Rata-rata konsumen memesan untuk kebutuhan menyembelih hewan kambing dan sapi. Serta pemotongan daging kurban khusus.

“Sebelumnya kalau hari hari biasa, dapat pesanan buat pisau 2 sampai 3 buah. Lalu momen seperti ini bisa terima sampai 15 buah pisau per hari, naik 3 kali lipat. Kami menerima jasa perbaikan pisau. Ada juga konsumen yang biasanya membawa bahan sendiri, kemudian dari bahan itu dijadikan pisau,” bebernya, Rabu (12/06/2024).

Baca Juga: PAD Semester I 2024 Kota Madiun Capai 52,98 Persen

Menurutnya, permintaan berupa pisau besar yang digunakan untuk menyembelih, hingga  pisau kecil sebagai alat menyayat daging di bagian tertentu, yang membutuhkan ukuran dan ketebalan pisau khusus.

Lanjut Mohari, mengenai harga yang dipatok, untuk satu pisau besar dibutuhkan waktu sekitar setengah jam, mulai ukuran besar sekitar Rp 150 ribu per buah dan Rp 40 ribu per buah untuk pisau ukuran kecil. 

Baca Juga: Harga Kakao Naik 3 Kali Lipat, Petani di Madiun Sumringah Banjir Cuan

“Kami juga terima jasa poles juga, tapi kalau menajamkan nanti diasah sendiri sama pemilik pisau masing-masing,” imbuhnya.

Dengan meningkatnya permintaan pisau menjelang Idul Adha, pandai besi Mohari di Madiun lembur untuk memenuhi permintaan konsumen. Ia juga memastikan setiap pisau yang dihasilkan tajam dan berkualitas tinggi. Selain pisau, lanjut dia, pihaknya juga biasa mengerjakan alat pertanian seperti cangkul, celurit, ganco dan lain sebagainya. mdn-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU