Kemenkes Arab Saudi: Jelang Puncak Haji, Cuaca Panas Capai 72 Derajat Celsius

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 14 Jun 2024 20:50 WIB

Kemenkes Arab Saudi: Jelang Puncak Haji, Cuaca Panas Capai 72 Derajat Celsius

SURABAYAPAGI.COM, Makkah - Sejak Jumat (14/6/2024) kemarin, para calon jamaah haji mulai berbondong-bondong memasuki area Arafah. Hanya saja, menjelang puncak haji yang dimulai Sabtu hari ini, suhu di kawasan Makkah hingga Armina, khususnya di dataran tinggi, mengalami peningkatan, hingga 72 derajat celcius.

Peringatan cuaca panas di Makkah ini dikeluarkan Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Jumat (14/6/2024) kemarin. Tak heran, para calon jamaah yang hendak masuk Arafah, seperti dikutip dari Arab News, ramai-ramai menggunakan payung.

Baca Juga: Kloter Perdana Gelombang Dua Tiba di Tanah Air dengan Jumlah Utuh

"Musim haji tahun ini di Makkah menghadirkan tantangan unik karena suhu yang sangat tinggi. Prioritas kami adalah keselamatan dan kesejahteraan semua jemaah, dan kami mendesak mereka untuk mengikuti rekomendasi kami untuk mengurangi risiko kesehatan," kata juru bicara Kemenkes Saudi, dikutip dari Arab News, Jumat (14/6/2024).

Paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi para jemaah haji. Untuk itu, Kementerian Kesehatan Saudi memberikan imbauan kepada jemaah sebagai langkah preventif.

Jemaah haji diminta untuk selalu menggunakan payung agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, selalu minum air putih dalam jumlah cukup meski tidak merasa haus.

Baca Juga: Toko kaligrafi di Lamongan Ketiban Rejeki, Omzet Naik 2 Kali Lipat

Kementerian Kesehatan Saudi telah menerapkan berbagai langkah untuk memastikan jemaah dapat menjalankan ibadah haji dengan aman sekaligus efektif di tengah kondisi cuaca yang menantang. Jemaah disarankan untuk selalu update mengenai informasi terkini soal cuaca dan mematuhi arahan Kemenkes Saudi.

Peringatan Kemenkes Arab Suadi ini sebelumnya sudah diwanti-wanti oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas juga mengimbau jemaah haji beristirahat agar stamina terjaga selama di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Untuk persiapan menghadapi cuaca panas saat puncak haji, mengingatkan jemaah agar membawa semprotan air.

Baca Juga: Menunggu Pansus DPR, Ungkap Skandal Haji 2024

"Untuk menjaga suhu tubuh, biar tidak terlalu panas sehingga menghindarkan dari stroke," kata Menag di sela-sela peninjauan fasilitas di Arafah, Rabu (12/6/2024).

"Saya nanti minta panitia just in case menyediakan semprotan air, syukur-syukur kalau pihak Masyariq menyediakan," sambungnya. erk/arabnews/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU